BENARKAH KUASA TANDUK KECIL DALAM KITAB DANIEL 8 ADALAH RAJA ANTIOKHOS EPIFANES? BAGIAN 1

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Ada banyak penafsir Alkitab yang mencoba memasukkan Antiochus Epiphanes ke dalam Daniel 8, tetapi tafsiran itu tidak sesuai karena banyak alasan. Yang pertama berhubungan dengan Daniel 8: 9, yang menggambarkan tanduk kecil itu tumbuh sangat besar.

Sebuah studi sederhana tentang sejarah Yahudi menunjukkan bahwa hal ini tidak pernah terjadi pada raja Seleukia. Alasan lain ditemukan di ayat 23, “Dan pada akhir kerajaan mereka, apabila orang-orang fasik telah penuh kejahatannya, maka akan muncul seorang raja” (penekanan saya). Antiokhus tidak muncul di “zaman akhir” atau mendekati akhir kerajaan Seleukia, sebagaimana arahan nubuatan.

Beberapa sarjana mencoba untuk menafsirkan 2.300 hari sebagai hari harfiah (ayat 14) dalam nubuatan ini agar sesuai dengan Antiochus Epiphanes. Tetapi ini melanggar prinsip penafsiran nubuatan, yang membutuhkan satu hari selama setahun (Bilangan 14:34). Mengambil periode waktu harfiah yang kurang lebih dari enam tahun ini tidak memiliki penerapan yang berarti bagi Daniel 8. Semua upaya untuk membuat periode waktu harfiah ini sesuai dengan raja Seleukia gagal.

Pertanyaan lain yang harus kita hadapi ditemukan dalam Daniel 8:17, di mana Gabriel menjelaskan kepada Daniel, “Pahamilah, anak manusia, bahwa penglihatan itu mengenai akhir masa!” (penekanan saya). Antiokhus meninggal pada 164 SM, bukanlah di zaman akhir!

Perhatikan kembali pada Daniel 8: 9, nabi Daniel melihat bahwa tanduk kecil ini tumbuh sangat besar di selatan, timur, dan Tanah Mulia (Palestina). Meskipun Antiokhus memerintah sementara di Palestina, dia hampir tidak berhasil di Mesir (selatan) dan Makedonia (timur). Ayat tersebut tidak sesuai dengan sejarah raja ini.

Kita harus berhati-hati untuk tidak membiarkan mereka yang meragukan keabsahan Firman Tuhan menentukan kepercayaan kita. Beberapa orang tidak ingin menerima kebenaran tentang identifikasi dari tanduk kecil, dan mereka berusaha untuk menunjukkan arah yang tidak sesuai dengan Alkitab. Selanjutnya kita akan melihat beberapa alasan lain mengapa upaya ini gagal.

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Maka dari salah satu tanduk itu muncul suatu tanduk kecil, yang menjadi sangat besar ke arah selatan, ke arah timur dan ke arah Tanah Permai. Daniel 8:9[/perfectpullquote]


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *