BURUNG KOLIBRI

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

FAKTA YANG MENAKJUBKAN: Ada lebih dari 300 jenis burung kolibri di dunia, yang hadir dalam berbagai warna pelangi. Yang terkecil adalah burung kolibri lebah dari Kuba — burung terkecil di dunia. Panjangnya hanya sekitar 5 cm dan beratnya sekitar 2 gram. Yang terbesar adalah burung kolibri raksasa yang panjangnya bisa mencapai 21 cm.

Meskipun burung kolibri berukuran kecil, mereka memiliki selera makan yang sangat besar. Burung kolibri sering makan dan harus mengonsumsi makanan melebihi berat badannya setiap hari. (Saya harus makan lebih dari 160 pon makanan sehari untuk melakukan itu!) Untuk mendapatkan nektar (sari bunga) yang cukup, mereka memberi makan setiap 10 atau 15 menit dari matahari terbit sampai terbenam. Burung kolibri mengonsumsi antara empat hingga tujuh kalori sehari. Mungkin kelihatannya tidak banyak, tetapi jika manusia (yang biasanya makan 3.500 kalori sehari) memiliki metabolisme seperti burung kolibri, mereka harus mengonsumsi sekitar 155.000 kalori sehari! Kebutuhan kalori burung kolibri yang berlebihan adalah karena detak jantung dan metabolisme mereka yang sangat tinggi.

Kolibri bukanlah hewan sosial, itulah sebabnya Anda tidak pernah melihat mereka terbang dalam kawanan. Nyatanya, jantan dan betina hidup terpisah hingga musim kawin. Setelah kawin, betina sendirian untuk membangun sarang dan membesarkan anaknya. Betina biasanya bertelur satu atau dua telur yang sangat kecil seukuran kacang pinto. Saat menetas, bayi mungil ini sangat rentan terhadap predator, termasuk serangga besar!

Dalam hal terbang, tidak ada yang lebih baik dari burung kolibri. Seperti helikopter, ia bisa naik, turun, miring, mundur, dan bahkan terbalik! Ini karena sebagian besar sayapnya terbuat dari tulang tangan, bukan tulang lengan seperti burung lainnya. Burung kolibri ruby, misalnya, dilaporkan memiliki kecepatan sayap 70 denyut per detik, atau 4.200 per menit. Kolibri adalah penerbang yang sangat bagus sehingga kebanyakan dari mereka tidak pernah berjalan lebih dari dua inci, dan mereka dapat meneror burung 10 kali ukurannya sendiri dengan keterampilan akrobatik mereka. Burung kolibri juga merupakan pemburu serangga yang luar biasa, sering kali memetik nyamuk, agas, dan lalat buah langsung dari udara sambil melayang.

Tahukah Anda bahwa Alkitab mengajarkan bahwa malaikat tidak bergerak dengan kecepatan suara atau bahkan kecepatan cahaya melainkan dengan kecepatan pikiran? Malaikat Gabriel datang ke Daniel dari surga saat dia masih berdoa!

Sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari. Daniel 9:21


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.