DALAM KEJADIAN 4:14, SIAPA YANG DIKHAWATIRKAN KAIN AKAN MEMBUNUHNYA?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Karena kecemburuannya yang besar terhadap Habel, Kain bangkit melawan saudaranya dan membunuhnya. Setelah itu, dia mencoba berpura-pura tidak bersalah, tetapi Tuhan sudah tahu apa yang terjadi. Dia mengucapkan kutukan pada Kain: “Ketika kamu menggarap tanah, ia tidak akan lagi memberikan hasil sepenuhnya kepadamu. Seorang pelarian dan pengembara kau akan berada di bumi. ” Dia diusir.

Kain kemudian menjawab, “Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku.”(ayat 14). Dalam perikop ini, Kain tidak peduli tentang dosanya, tetapi tentang hukumannya. Dia mengatakan itu lebih dari yang bisa dia tanggung, dan dia takut orang-orang akan memburunya dan membunuhnya.

Adam, Hawa, Kain, dan Habel memahami bahwa mereka telah diperintahkan untuk “ berkembang biakdan beranak” (Kejadian 1:22). Kain tahu bahwa dalam kurun waktu itu, pria dan wanita akan berkembang biak dan akan ada ribuan orang di dunia. Apakah Anda menyadari berapa banyak orang yang bisa lahir dalam 900 tahun sejak saat itu sampai Air Bah? Kemungkinan jutaan!

Kain tahu bahwa dia akan menjadi penjahat — musuh publik nomor satu. Dia mengantisipasi bahwa orang akan memburu dan membunuhnya saat mereka berkembang biak dan menyebar ke seluruh Bumi. Dia membuat pernyataan itu karena dia mengantisipasi apa yang akan terjadi saat planet menjadi lebih padat.

Karena kita tidak memiliki garis waktu yang pasti dari keluarga pertama, kemungkinan Adam dan Hawa sudah memiliki anak lain yang sudah dewasa juga. Kain mungkin takut salah satu saudara laki-lakinya akan segera membalas dendam atas nama saudara laki-lakinya yang terbunuh.

Tuhan, dalam belas kasihan-Nya, memberi tanda pada Kain untuk melindunginya dari siapa pun yang akan menuntut balas.

Apabila engkau mengusahakan tanah itu, maka tanah itu tidak akan memberikan hasil sepenuhnya lagi kepadamu; engkau menjadi seorang pelarian dan pengembara di bumi.” Kejadian 4:12

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.