DARIMANAKAH KAIN MENDAPATKAN ISTRI?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Saat kita membaca kisah kejatuhan Kain dalam Kejadian 4, sepertinya kerangka waktu antara ayat 16 dan 17 hanyalah beberapa hari.  Meskipun ceritanya tidak menunjukkan hal ini, beberapa orang bertanya-tanya bagaimana Kain menemukan istri yang berasal dari orang selain Adam dan Hawa.  Mereka menduga bahwa mungkin di tempat lain di Bumi, Tuhan juga menciptakan Alfred dan Elaine.  Tetapi tidak ada bagian Alkitab yang mendukung gagasan ini.

Saat Adam dan Hawa mengikuti perintah Tuhan untuk “berkembang biak” (Kejadian 1:28), mereka memiliki banyak anak.  Mereka tidak dibebani dengan kemerosotan yang disebabkan oleh dosa yang kita lihat sekarang.  Tidak hanya mereka hidup lebih lama, tidak ada cacat genetik yang diturunkan saat itu ketika kerabat dekat menikah dan melahirkan anak.  Jadi istri Kain jelas berasal dari keturunan Adam dan Hawa.

Pertanyaan yang sama diajukan kepada anak-anak Nuh yang selamat dari banjir sedunia.  Anak-anaknya pasti saling menikah karena tidak ada orang lain di bumi. Bahkan sampai zaman Abraham, kita menemukan kerabat dekat menikah; Sarah adalah saudara tirinya. Namun seiring berlipatgandanya efek dosa, ada risiko lebih besar pasangan berbagi sifat gen resesif yang dapat menyebabkan peningkatan cacat lahir. Akhirnya, Tuhan melarang praktik tersebut.

Ada berbagai hukum tentang menikahi sepupu pertama atau kedua di seluruh planet kita. Di beberapa tempat hal itu didorong, sementara di tempat lain itu ilegal.  Menariknya, Alkitab berbicara tentang masalah ini.  “Siapa pun di antaramu janganlah menghampiri seorang kerabatnya yang terdekat untuk menyingkapkan auratnya; Akulah TUHAN” (Imamat 18: 6).  Daftar contoh yang diberikan dalam teks tampaknya tidak termasuk saudara sepupu. Contoh pernikahan sepupu pertama dapat ditemukan dalam Alkitab, seperti pernikahan Ishak dan Ribka (Kejadian 24: 12-15).

Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Henokh; kemudian Kain mendirikan suatu kota dan dinamainya kota itu Henokh, menurut nama anaknya. Kejadian 4:17

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

2 thoughts on “DARIMANAKAH KAIN MENDAPATKAN ISTRI?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.