penulisan alkitab

GAYA YANG BERANEKA RAGAM

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Diilhami oleh Roh
Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu. 2 Ptr 1:19.

Para penulis Alkitab telah mengungkapkan buah pikiran mereka dalam bahasa manusia. Alkitab itu dituliskan oleh manusia. Penulis-penulis ini diilhami oleh Roh Suci. Oleh karena ketidaksempurnaan pengertian manusia akan bahasa, atau karena kejahatan pikiran manusia, atau kecerdikan menghindari kebenaran, banyak orang membaca dan mengerti Alkitab itu hanya untuk menyenangkan hatinya sendiri. Bukan karena Alkitab itu sulit dimengerti. Kaum politisi yang beroposisi memperdebatkan hukum dalam kitab undang-undang, dan mengambil pandangan yang berlawanan dalam penerapannya dan dalam hukum-hukum itu sendiri.

Tulisan-tulisan atau Alkitab itu diberikan kepada manusia, bukan dalam rangkaian ucapan yang tak terputus, tetapi sepotong demi sepotong dari satu generasi ke generasi berikut, sebagaimana Allah dalam pemeliharaan-Nya, melihat kesempatan yang tepat untuk memberi kesan pada manusia di berbagai waktu dan tempat. Manusia menulis sebagaimana mereka digerakkan oleh Roh Suci. Ada “mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu” (Mrk 4:28). Beginilah setepatnya Alkitab itu datang kepada kita.

Tidak selamanya dalam urutan yang sempurna atau kesatuan yang nyata di dalam Alkitab itu. Mukjizat-mukjizat Kristus tidak dituliskan secara berurutan, tetapi disajikan jika keadaan terjadi, di mana perlu dinyatakan kuasa Kristus. Kebenaran di dalam Alkitab itu adalah seperti mutiara yang tersembunyi. Ia harus dicari, digali dengan usaha yang sungguh-sungguh. Mereka yang melihat Alkitab itu dari permukaan saja dengan pengetahuan yang dangkal, yang mereka pikir sudah dalam, akan berbicara mengenai pertentangan dalam Alkitab itu, dan meragukan otoritas dari tulisan-tulisan itu. Akan tetapi, mereka yang hatinya selaras dengan kebenaran dan tugas akan menyelidiki tulisan-tulisan itu dengan hati yang bersedia menerima kesan Ilahi. – Selected Messages, buku 1, hlm. 19, 20.

Kamu Akan Menerima Kuasa, hlm. 218

Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.