HARTA TERPENDAM

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Pada tahun 1859, ketika demam emas California mulai memudar, dua penambang, Pat McLaughlin dan Peter O’Reilly, mengembara ke Nevada bagian barat, membeli dan menggali bagian atas Ngarai Six Mile. Ketika mereka menemukan emas, penambang lainnya, Henry Comstock, mengklaim bahwa itu adalah miliknya, meyakinkan mereka untuk memberinya sebagian dari saham mereka. Segera para pencari keberuntungan dimana-mana mendengar berita itu dan bukit-bukit di sekitar itu ditaburi para penambang emas.

Masalah terbesar yang dihadapi para penambang adalah lumpur kebiruan yang melengket dan mengelilingi emas. Itu menempel di sepatu bot, beliung, dan sekop mereka. Mereka menyebutnya “benda biru sialan”, dan itu membuat penambangan emas mereka menjadi bisnis yang merepotkan. Tetapi ketika lumpur biru itu diuji, ternyata itu adalah biji perak terkaya yang pernah ditemukan, bernilai lebih dari $2.000 per ton—dan itu terjadi pada tahun 1859! Para penambang ini telah mendapat luapan mineral terbesar dalam sejarah, dan mereka tidak mengetahuinya. Luapan yang luar biasa ini adalah deposit perak terkaya di Amerika Serikat dan dikenal sebagai Comstock Lode. Tapi bukan itu saja—lumpur biru akan mengubah sejarah.

Pada tahun 1864, sejumlah besar perak dan emas hasil dari tambang menarik perhatian Presiden Abe Lincoln. Lincoln membutuhkan kekayaan Comstock Lode untuk membantu memenangkan Perang Saudara, tetapi dia juga membutuhkan suara dari negara bagian lain untuk memastikan pemilihannya kembali. Jadi meskipun Nevada jarang penduduknya, seluruh Konstitusi Nevada dikirim ke Kongres dua minggu sebelum pemilihan. Itu adalah pesan telegraf terpanjang dalam sejarah, membutuhkan waktu dua hari untuk dikirim dan menghabiskan biaya lebih dari $4,000! Tapi itu berhasil, dan karena lumpur biru itu, Nevada menjadi negara bagian pada tanggal 31 Oktober 1864.

Terkadang, di tengah kesulitan dan ujian, kita menemukan harta kekayaan terbesar. Tuhan berkata bahwa ada harta terpendam bagi kita dan bahwa “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah” (Roma 8:28).

Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu. Yesaya 45:3.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.