KIWI

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

FAKTA MENAKJUBKAN: Salah satu makhluk paling aneh di dunia adalah burung yang tidak bisa terbang yang hanya ditemukan di Selandia Baru yang disebut kiwi. Kiwi adalah anggota terkecil dari keluarga ratite, yang meliputi burung unta dan emu. Ini unik dalam beberapa hal. Untuk satu hal, itu adalah satu-satunya burung di dunia yang memiliki lubang hidung di ujung paruhnya, yang panjangnya sekitar sepertiga dari panjang tubuhnya. Kiwi benar-benar mengendus makanannya dengan memasukkan paruhnya yang panjang ke bawah permukaan. Mereka juga memiliki pendengaran yang sangat baik yang bahkan dapat mendeteksi cacing yang menggeliat di bawah tanah.

Kiwi hidup sebagai pasangan monogami, dengan betina yang lebih besar mendominasi jantan, yang mungkin melakukan sebagian besar inkubasi telur. Dan telurnya sangat besar. Kiwi betina memiliki salah satu rasio berat telur ke tubuh terbesar dari burung mana pun. Telur yang matang rata-rata 20 persen dari berat badan betina, dibandingkan dengan dua persen untuk burung unta! Kiwi seberat lima pon bertelur yang beratnya hanya lebih dari satu pon, sebuah rekor di kerajaan burung. Itu akan seperti seorang wanita seberat 100 pon melahirkan bayi seberat 20 pon. Dan telur membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menetas, hingga 80 hari, sedangkan telur ayam hanya membutuhkan waktu 21 hari.

Kiwi sering disalahartikan sebagai mamalia. Untuk satu hal, ia memiliki sayap tetapi tidak bisa terbang. Bulunya yang longgar memiliki penampilan seperti rambut. Kumisnya yang panjang, ditambah fakta bahwa ia bersembunyi di tanah, semuanya berkontribusi pada kebingungan. Beberapa orang menganggap aneh bahwa orang Selandia Baru suka menyebut diri mereka “Kiwi” dan menjadikan gambar burung aneh ini sebagai lambang nasional pada uang, perangko, dan koin mereka.Alkitab mengajarkan bahwa orang Kristen dipanggil untuk menjadi orang yang istimewa. Tapi apakah itu berarti kita diperintahkan untuk menjadi aneh atau aneh? Tentu saja tidak. Itu berarti kita istimewa bagi Tuhan. “Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.” (Keluaran 19:5). Bagi mereka yang berada di luar lingkaran keluarga, kita mungkin tampak aneh, tetapi bagi Tuhan kita dicintai secara unik, seperti kiwi!

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib. 1 Petrus 2:9.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.