KOTA KECIL, ORANG BESAR

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Berdasarkan catatan Pusat Data Iklim Nasional, negara bagian New York adalah kota paling bersalju di Amerika Serikat. Syracuse rata-rata menerima 115 inci per tahun, dan Rochester rata-rata 93 inci per tahun. Namun, untuk hujan salju rata-rata tertinggi, kota-kota kecil menang telak. Misalnya, Gunung Washington, New Hampshire, memiliki rata-rata hujan salju tahunan 260 inci, dan Valdez, Alaska, rata-rata 326 inci per tahun.

Apakah Anda besar di kota kecil atau desa? Terkadang tempat-tempat yang kurang dikenal, bisa menjadi penting. Berikut adalah daftar singkat orang-orang terkenal yang tinggal di kota-kota kecil dan pernah kuliah di community college: Nolan Ryan, John Walsh, Sarah Palin, George Lucas, dan Ross Perot.

Betlehem di Yehuda adalah kota kecil tempat Yesus dilahirkan. Kota ini sangat tidak dikenal sehingga bahkan para ahli Taurat dan orang Farisi tampaknya melupakannya ketika Herodes bertanya kepada mereka di mana Mesias akan dilahirkan. Ketika Matius mengutip Mikha 5:2 untuk menunjukkan bahwa nubuat telah digenapi, ia menggambarkan kota kecil ini sebagai “yang paling kecil di antara kota penguasa Yehuda”.

Tuhan tidak membutuhkan tempat yang besar untuk membuat hal-hal besar terjadi. Tuhan tertarik untuk menggunakan yang tidak penting. Hal itu menghilangkan kemuliaan manusia dan mengarahkan kita ke surga. Hal ini juga mengajarkan kita bahwa tidak peduli siapa kita atau dari mana kita berasal, Yesus dapat bersinar melalui hidup kita dengan cara yang penuh kuasa. Seseorang pernah berkata, “Salju adalah material yang kuat. Lihat saja apa yang bisa dilakukan salju saat mereka bersatu!”

Hari ini, mintalah Tuhan untuk menggunakan Anda—sekecil apa pun yang Anda rasakan—untuk melakukan hal-hal besar yang mengarahkan orang kepada Anak Betlehem.

Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel. Matius 2:6.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.