GINJAL PERLU DIJAGA

Kesehatan
Mari bagikan artikel ini

Istirahat  malam yang baik sangat penting untuk kesejahteraan Anda secara keseluruhan dan termasuk untuk ginjal Anda. Untuk itu penting bagi kita untuk memiliki kualitas tidur yang baik.

Para peneliti telah mengaitkan kurang tidur dan gangguan tidur dengan tingkat diabetes dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, dan sekarang hubungan antara tidur dan fungsi ginjal menjadi lebih jelas dengan penelitian baru oleh Ciaran McMullan, MD, dari Brigham and Women’s Hospital.

Dengan dukungan dari Young Investigators Grant dari National Kidney Foundation, Dr. McMullan sedang mempelajari bagaimana tidur berdampak pada ginjal dan apakah lebih banyak tidur dan suplemen melatonin dapat meningkatkan fungsi ginjal.

“Fungsi ginjal sebenarnya diatur oleh siklus tidur-bangun. Ini membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam,” kata Dr. McMullan. “Kita juga tahu bahwa pola tidur dapat mempengaruhi penyakit ginjal kronis dan orang yang kurang tidur biasanya mengalami penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat. Apa yang kami lakukan sekarang adalah melihat hormon spesifik yang mungkin berada di balik penurunan ini.”

Penelitian Dr. McMullan akan melihat lebih dekat pada sekresi melatonin, yang merupakan hormon yang diproduksi tubuh kita secara alami untuk menyelaraskan fungsi tidur malam kita. Sebagai bagian dari penelitian, peserta yang sehat akan dibatasi tidurnya dan kadar hormon serta fungsi ginjalnya akan diukur. Studi ini juga akan mencakup orang-orang yang memiliki kebiasaan tidur yang kurang dan akan meminta mereka untuk tidur lebih lama untuk melihat apakah itu mempengaruhi fisiologi, tekanan darah, kadar glukosa darah, dan fungsi ginjal mereka. Setengah dari kelompok ini juga akan diberikan suplemen melatonin untuk melihat apakah itu berdampak pada fungsi ginjal mereka dari waktu ke waktu. “Jadi kami tidak hanya melihat pola tidur orang, kami mencoba melihat apakah mungkin ada beberapa intervensi yang dapat dilakukan oleh orang yang kurang tidur,” kata Dr. McMullan.

Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana ginjal bekerja dan berinteraksi dengan hormon kita di malam hari juga dapat membantu menentukan pedoman nutrisi yang lebih baik dan waktu yang dioptimalkan untuk pemberian obat. Ini karena kemampuan ginjal untuk memproses obat dan nutrisi seperti natrium dan kalium berubah antara siang dan malam.

Studi ini dapat mengidentifikasi kelompok baru orang yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis karena gaya hidup atau jadwal kerja mereka, misalnya mereka yang bekerja dalam shift dan mereka yang memiliki masalah kurang tidur kronis.

Baca Juga:

TIPS TIDUR: 6 LANGKAH UNTUK TIDUR LEBIH NYENYAK

“Membayar untuk mengenali masalah ini sebagai faktor risiko karena itu berarti orang-orang ini mungkin memerlukan skrining penyakit ginjal dan manajemen tekanan darah yang lebih agresif,” kata McMullan.

Para peneliti menganalisis data pada 4.238 subjek dari Nurses’ Health Study dan menemukan bahwa tidur yang lebih pendek secara signifikan terkait dengan penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat. Wanita yang tidur kurang dari lima jam per malam memiliki 65 persen peningkatan risiko mengalami penurunan ini dibandingkan dengan mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam.

McMullan menemukan hasil yang sangat memprihatinkan, karena populasi umum Amerika telah kurang tidur selama dua dekade terakhir. Sementara mereka biasa tidur rata-rata delapan jam per malam, tingkatnya telah turun menjadi sekitar 6,5 jam dan bahkan semakin menurun.

Jam sirkadian diyakini berperan, karena ginjal diprogram untuk bekerja secara berbeda pada malam hari dibandingkan siang hari karena berbagai tuntutan pada tubuh.

“Mungkin tidur singkat mengubah fisiologi ginjal selama siklus harian, dan perubahan ini dapat merusak ginjal,” usul McMullan.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan kondisi lain, yang memungkinkan penurunan fungsi ginjal yang ditemukan dalam penelitian ini dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yang mempengaruhi organ, seperti hipertensi dan diabetes.

Jadi seiring bertambahnya usia dan menderita kondisi medis ini, penyakit ginjal juga akan meningkat – dan terlalu sedikit tidur mungkin menjadi penyebabnya.

Jika demikian, sangatlah penting bagi Anda untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur delapan jam setiap hari, mulailah bentuk suatu kebiasaan sehat dalam pola tidur Anda, jangan biarkan pekerjaan Anda merenggut jam tidur Anda, berkomitmenlah untuk tidur tepat waktu, untuk Kesehatan Anda dan untuk ginjal Anda tetap sehat.


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.