Membersihkan tubuh, detox

Membersihkan Tubuh dari Polusi

Berita & Artikel Featured Kesehatan
Mari bagikan artikel ini

Dalam kehidupan dunia yang semakin modern ini, banyak perkembangan yang terjadi dimana-mana. Ilmu pengetahuan pun berkembang untuk mempermudah semuanya. Namun salah satu dampak negatif yang muncul adalah polusi.

Polusi atau pencemaran ada banyak macamnya, seperti polusi air, suara dan yang sering kita jumpai adalah polusi udara, baik dari kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, rokok, dan lain-lainnya.

Tak jarang akibat polusi ini banyak penyakit pernapasan pun yang bermunculan seperti batuk, asma, penyakit paru obstruktif, emfisema, dan lebih parahnya adalah kanker paru-paru. Ini hanyalah beberapa contoh penyakit pernapasan akibat polusi udara. Namun kenyataannya, sangat sulit bagi kita untuk terhindar dari polusi ini, khususnya mereka yang hidup di daerah perkotaan. Keluar sedikit saja dari rumah, sekolah atau gedung tempat kerja, sudah langsung terpapar dengan polusi.

Jadi pertanyaannya, bagaimana caranya untuk menyeimbangkan dan mempertahankan kesehatan keadaan-keadaan ini? Beberapa caranya adalah:

  1. Banyak minum air putih

Ini adalah salah satu cara yang paling mudah, paling alami, paling murah dan efektif untuk membersihkan paru-paru. Air akan membawa kotoran dari dalam tubuh dan dikeluarkan melalui air kencing, keringat dan juga ketika menghembuskan nafas keluar.

  1. Konsumsi lebih banyak vitamin C

Vitamin C memainkan peran yang penting dalam tubuh kita terutama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bersifat antioksidan yang dapat menangkal paparan radikal bebas seperti polusi.

  1. Konsumsi makanan tinggi asam folat

Makanan yang kaya akan asam folat adalah makanan yang sangat baik dalam melindungi paru-paru seperti beberapa penyakit yang disebutkan diatas. Dalam sebuah jurnal oleh Asia Pasific Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa penyakit paru biasanya dialami oleh orang yang rendah asupan folat. Beberapa contoh makanan tinggi asam folat yaitu bayam, brokoli, kubis, sawi, selada, tomat, alpukat, jeruk, pisang, kacang-kacangan dan polong-polongan.

  1. Olahraga teratur

Latihan fisik dapat membantu agar tubuh kita bekerja lebih optimal, terlebih dalam membuang sampah-sampah dari dalam tubuh kita.

  1. Latihan pernapasan dalam

Hampir sama seperti olahraga, latihan pernapasan dalam dapat membuat paru-paru bersih dan sehat. Latihan ini memaksimalkan fungsi paru dan pengiriman oksigen ke seluruh tubuh, selain itu, dapat juga meringankan penyakit asma. Cara latihan pernapasan dalam adalah dengan posisi duduk atau berdiri yang tegak, kemudian tarik nafas panjang sampai dada terasa penuh, kemudian keluarkan nafas secara perlahan-lahan, dan ulangi beberapa kali. Setelah melakukan ini, biasanya tubuh akan terasa lebih rileks.

  1. Bersihkan lingkungan sekitar

Pastinya, lingkungan yang bersih dan sehat akan menghasilkan udara yang baik. Pembersihan lebih khususnya dilakukan pada bagian sofa, tempat tidur, karpet dan bagian-bagian lain yang berpotensi menampung debu yang banyak.

  1. Hindari rokok

Rokok memiliki racun yang sangat berbahaya bagi paru-paru. Menghindari rokok memiliki arti tidak merokok dan tidak menjadi perokok pasif. Jadi sangat penting untuk mengingatkan keluarga, sahabat dan siapa saja yang disekitar kita untuk tidak merokok, karena dapat berdampak bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi Anda dapat menyehatkan paru-paru dengan makanan ini.

Selain dengan pola hidup sehat, ada juga beberapa tumbuhan yang bisa membantu menyerap dan membersihkan polusi di dalam ruangan. Diantaranya adalah spider plant, sirih belanda, kaktus, lidah mertua, palem bambu dll.

tanaman anti polutan

 

  • oleh Klub Sehat Indonesia point Colomadu, Solo

Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *