AYAT ALKITAB TENTANG PENGAMPUNAN & MENGAMPUNI ORANG LAIN

Ayat Menakjubkan
Mari bagikan artikel ini

Pengampunan

Kita semua senang bilamana diampuni, tetapi memaafkan orang lain, terutama ketika mereka telah melukai kita, terasa seperti hal yang berbeda. Emosi ikut terlibat. Kita mau mereka juga menderita atas luka yang mereka sebabkan, dan kita menunda menawarkan pengampunan, terkadang selama bertahun-tahun, puluhan tahun, atau selamanya.

Mendapatkan Bahkan Bukan memaafkan

Ketika kita terluka, kita ingin orang yang menjadi sumber atau luka itu juga terluka seperti kita. Tetapi Alkitab memberikan perspektif yang berbeda.

Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. Roma 12:19.

Mengampuni Mereka yang Tidak Meminta Pengampunan

Saat Yesus menderita di kayu salib, Ia meminta Tuhan untuk mengampuni mereka yang salah menghukum Dia sampai mati. Sering kali mereka yang menyakiti kita tidak pernah meminta maaf atau mengakui kesalahan kita. Memaafkan orang-orang ini mungkin yang paling sulit. Tetapi Yesus adalah teladan kita untuk memberi mereka yang tampaknya tidak menyesal atau meminta untuk diampuni.

Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu. Markus 11:25.

Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib. Amsal 17:9.

Memaafkan orang lain

Meskipun tampaknya memaafkan orang lain adalah untuk keuntungan mereka, sebenarnya Anda adalah orang yang paling diuntungkan. Tidak mau mengampuni melahirkan kemarahan, dan kemarahan yang terpendam menghasilkan depresi. Ketika Anda memilih untuk memaafkan orang lain, Anda memberi diri Anda hadiah. Setelah Anda memutuskan untuk memaafkan, Anda dapat melanjutkan hidup Anda alih-alih terhenti dalam sakit hati dan dendam, dan pada saat memaafkan, Anda mencerminkan Tuhan yang pemaaf.

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu. Matius 6:14,15.

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Kolose 3:13.

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. Efesus 4:32.

Meminta Pengampunan

Lebih mudah untuk mengenali dosa orang lain, daripada melihatnya dalam diri kita sendiri. Kesombongan menghalangi, dan sering kali, kita membuat alasan atas tindakan kita. Tetapi Alkitab memberi tahu kita dosa yang tidak diakui dan sikap tidak mau mengampuni menghalangi hubungan kita dengan Tuhan.

Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. Matius 5:23, 24.

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 1 Yohanes 1:9

Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. 2 Tawarikh 7:14.

Pengampunan Tuhan

Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya. Efesus 1:7.

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi. Kisah Para Rasul 1:8.

Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia. Daniel 9:9.

Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu. Mazmur 86:5

Dapatkah Tuhan mengubah hidup Anda?

Tuhan telah memungkinkan Anda untuk mengenal Dia dan mengalami perubahan luar biasa dalam hidup Anda sendiri. Temukan bagaimana Anda dapat menemukan kedamaian dengan Tuhan. Anda juga dapat mengirimkan permintaan doa Anda kepada kami.

 


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.