MISTERI SINDROM HAVANA

Blog AFI Featured
Mari bagikan artikel ini

Itu dijuluki “Sindrom Havana,” dan kedengarannya seperti sesuatu yang diangkat langsung dari film mata-mata Hollywood. Apakah pasukan asing yang ganas, musuh Amerika Serikat, mengarahkan sinar elektromagnetik berenergi tinggi ke personel diplomatik dan militer Amerika di kedutaan besar kita dan lokasi lain di luar negeri—semuanya bertujuan untuk membuat mereka sakit dan tidak efektif? Dan apakah teknologi senjata canggih seperti itu benar-benar ada?

Meskipun skenario ini dibaca seperti novel misteri yang fantastis, banyak yang percaya bahwa serangan semacam itu semakin sering terjadi. Sebuah artikel baru-baru ini dari NBC News berjudul, “Gejala ‘Sindrom Havana’ dalam kelompok kecil kemungkinan besar disebabkan oleh energi yang diarahkan, kata panel ahli intel AS.” Subjudulnya berbunyi, “Cedera yang diderita oleh beberapa lusin diplomat dan mata-mata konsisten dengan energi yang diarahkan, kata panel itu. Sekitar 1.000 orang telah melaporkan gejalanya.”

Paragraf pembuka dimulai: “Cedera otak misterius dan tiba-tiba yang diderita oleh sekelompok kecil diplomat Amerika dan mata-mata di luar negeri kemungkinan besar disebabkan oleh energi elektromagnetik berdenyut yang dikirim oleh perangkat eksternal, panel ahli ilmiah yang bekerja untuk badan intelijen AS menyimpulkan.”

Suara yang tidak dapat dijelaskan

Ini dimulai pada tahun 2016 di Havana, Kuba, ketika banyak diplomat Amerika dan Kanada jatuh sakit, dan tidak ada yang mengerti mengapa. Apakah karena stres bekerja di negara yang tidak bersahabat? Apakah itu sesuatu di udara atau air? Apa pun alasannya, “insiden kesehatan yang tidak dapat dijelaskan” ini terlalu banyak untuk diabaikan.

Gejala yang dilaporkan termasuk sakit kepala parah, masalah penglihatan, vertigo dan pusing, mimisan, mual, dan rasa bingung. Penyakit seperti itu sering dikaitkan dengan cedera kepala, meskipun tidak ada satu pun kasus yang dilaporkan yang melaporkan trauma fisik seperti itu.

Namun, banyak dari mereka yang sakit juga melaporkan mendengar suara-suara aneh: dengungan, “logam gerinda”, dan “jeritan yang menusuk.” Yang lain melaporkan merasakan tekanan atau panas di kepala mereka sebelum gejalanya menyerang. Apakah suara yang tidak dapat dijelaskan ini ada hubungannya dengan kondisi ini?

Pada awalnya, pemerintah A.S. meremehkan masalah ini, dengan asumsi penyebab alami yang kemungkinan terkait dengan stres. Namun, ketika ratusan diplomat, petugas intelijen, dan personel lainnya mulai melaporkan mengalami beberapa atau semua gejala ini, para pejabat mulai menganggap serius gagasan serangan jahat.

Energi elektromagnetik berdenyut

Ketika penyakit itu pertama kali dilaporkan di Havana, pertanyaan tentang pasukan Kuba yang bermusuhan muncul—dan tidak berhenti. Diteorikan bahwa semacam sinar energi terfokus telah sengaja ditembakkan ke kedutaan AS dan tempat-tempat lain untuk mengganggu operasi.

Kata tajuk Majalah Forbes: “Sindrom Havana Dapat Disebabkan Oleh Energi Terarah, Panel Intelijen Menemukan,” dan kemudian artikel itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa “Energi elektromagnetik berdenyut – terutama dalam rentang frekuensi radio – dan ultrasound dalam skenario akses dekat dapat ‘ masuk akal” menyebabkan gejala yang terlihat pada sebagian kasus.”

Apakah kekuatan kontra-intelijen menggunakan energi berdenyut, yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kerusakan otak permanen? Jika ya, maka serangan seperti itu hanyalah tindakan perang. Di sisi lain, mungkinkah ini tidak disengaja—mungkin hasil dari teknologi penyadapan yang kuat dan mereka yang bertanggung jawab tidak mau mengakuinya?

Insiden Kesehatan Anomali

Tidak ada yang tahu jawabannya pasti—belum

Pada 2 Februari 2022, sebuah laporan yang tidak diklasifikasikan dari Kantor Direktur Intelijen Nasional memberikan temuannya tentang Insiden Kesehatan Anomali (AHI) ini. Sebuah panel yang terdiri dari “ahli dari dalam dan luar Pemerintah AS dengan keahlian di bidang sains, kedokteran, dan teknik yang relevan” ditugaskan untuk menyelidiki lima penyebab potensial: “sinyal akustik, agen kimia dan biologi, radiasi pengion, faktor alam dan lingkungan. , dan frekuensi radio dan energi elektromagnetik lainnya.”

Laporan itu mengatakan bahwa, sementara beberapa tanda dan gejala “umum dalam kondisi medis yang diketahui”, sebagian dari “AHI tidak dapat dengan mudah dijelaskan oleh kondisi lingkungan atau medis yang diketahui dan dapat disebabkan oleh rangsangan eksternal.” Dengan kata lain, hal-hal seperti stres atau lingkungan tidak dapat menjelaskan semua kasus. Jadi, seperti yang dirangkum New York Times: “gelombang radio dapat menyebabkan beberapa cedera di antara C.I.A. perwira dan diplomat.”

Singkatnya—ya, orang-orang ini bisa saja menjadi korban kekuatan jahat tak terlihat yang bekerja melawan mereka.

Kekuatan Tak Terlihat

Kabar baiknya adalah bahwa Yesus telah mengalahkan Setan di kayu salib.

Ini bukan pertama kalinya hal seperti ini terjadi.

Di seluruh Alkitab, tema kekuatan jahat tak terlihat yang bekerja melawan kemanusiaan ditemukan. Kitab Suci menggambarkan Setan dan malaikat-malaikatnya yang jatuh sebagai makhluk nyata yang memilikinya untuk manusia. “Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.” (Wahyu 12:9). Dan, “Celakalah kamu, hai bumi dan laut! karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat” (Wahyu 12:12). Rasul Petrus bahkan membuatnya lebih pribadi. “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya” (1 Petrus 5:8).

Kabar baiknya, bagaimanapun, adalah bahwa Yesus telah mengalahkan Setan dan pengikutnya di kayu salib, itulah sebabnya Wahyu mengatakan bahwa “waktunya singkat.” Dengan berpegang teguh pada Yesus dalam iman, kita dapat mengambil bagian dalam kemenangan-Nya. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang konflik antara Kristus dan Setan ini, di mana Anda memainkan peran penting, dengan mengunjungi halaman ini.

Meskipun pemerintah mungkin tidak akan pernah memecahkan misteri Sindrom Havana, Anda dapat yakin bahwa kekuatan jahat yang tidak terlihat terhadap kita pasti akan berakhir—dan segera.


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *