PENYENGAT LAUT

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Hanya sedikit hewan laut yang misterius dan menakutkan seperti ubur-ubur. Makhluk luar biasa ini dapat ditemukan di semua lautan, dan bahkan beberapa varietas menghuni air tawar. Mereka adalah 97 persen air dan cukup transparan. Sebagian besar hidup di perairan pantai yang dangkal, tetapi beberapa dapat ditemukan di kedalaman hingga 12.000 kaki! Salah satu ubur-ubur terbesar, ubur-ubur surai singa, bisa berukuran enam kaki dan memiliki tentakel lebih dari 100 kaki panjangnya!

Ubur-ubur tidak memiliki jantung, tidak memiliki darah, tidak memiliki insang, tulang, atau tulang rawan, dan tidak memiliki otak. Para ilmuwan telah menentukan bahwa beberapa ubur-ubur memiliki mata primitif yang dapat mendeteksi cahaya—menakjubkan untuk hewan tanpa otak. Ubur-ubur paling dekat hubungannya dengan karang dan anemon laut, tetapi mereka dapat bergerak dengan menggunakan otot khusus untuk menarik air ke dalam badannya yg berupa lonceng dan kemudian mendorongnya keluar lagi. Hampir terhipnotis melihat mereka berenang. Mereka juga terbawa oleh angin, ombak, dan arus.

Kebanyakan ubur-ubur adalah pemangsa diam yang membunuh dan memakan makhluk hidup lainnya. Biasanya ikan yang tidak curiga berenang ke dalam tentakel yang hampir tidak terlihat, yang dipenuhi dengan jutaan sel penyengat. Sel-sel kompleks ini, yang disebut nematocysts, menembakan seperti panah racun kecil ke mangsanya dan melumpuhkan korbannya. Kemudian ubur-ubur dapat memakan hasil tangkapannya sesuka hati melalui mulutnya di bagian bawah.

Sengatan ubur-ubur yang menyakitkan bisa mematikan pada beberapa spesies. Tawon laut, atau penyengat laut ini, dinilai sebagai makhluk berbisa paling mematikan di dunia! Pada abad terakhir, ubur-ubur kotak yang ditakuti ini diperkirakan telah membunuh lebih dari 70 orang di Australia saja. Faktanya, satu jelly kotak besar memiliki racun yang cukup untuk membunuh 60 orang. Meskipun sel-selnya menyengat, hewan seperti mola-mola laut dan penyu belimbing memakan ubur-ubur. Kebanyakan ubur-ubur sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia. Bahkan, diharapkan beberapa bahan kimia menyakitkan yang mereka hasilkan dapat memberikan pengobatan untuk kanker, radang sendi, dan penyakit jantung.

Tahukah Anda bahwa Alkitab berbicara tentang sesuatu dengan sengatan yang kuat? Alkohol adalah minuman yang berbahaya, “tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak” (Amsal 23:32). Namun itu adalah satu sengatan yang bisa kita hindari!

Tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak. Amsal 23:32.

 

 

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.