SAMPAH DI SAMUDERA PASIFIK

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Tidak semua sampah berakhir di tempat pembuangan sampah. Faktanya, TPA terbesar di Bumi sama sekali tidak ada di darat. Setiap tahun jutaan ton plastik dan sampah terapung lainnya dicuci, ditiup, atau dibuang ke Samudra Pasifik. Itu berasal dari sungai dan pantai berpenduduk di sekitar pantai. Secara bertahap, pusaran arus laut dan angin yang terus berputar, mendorong sampah ke titik pusaran di laut. Sampah ini kemudian membentuk zona konvergensi sampah terapung yang lebih besar dari negara bagian Texas.

Kumpulan sampah ini, yang dikenal sebagai Great Pacific Garbage Patch, membentang lebih dari seribu mil melintasi Samudra Pasifik Utara bagian tengah. Tepatnya di ruang laut antara Jepang dan California, bisa kita lihat saat mengudara beberapa ratus mil di utara Hawaii. Ada tempat di mana jaring ikan, botol, dan tas yang kusut ini begitu tebal sehingga Anda bisa berjalan di atasnya, tetapi sebagian besar sampah ini tampak seperti sup makanan di samudera luas. Meskipun ukurannya kontinental, sampah itu tidak terlihat melalui fotografi satelit karena sebagian besar isinya adalah berupa salju confetti plastik yang tergantung di bawah permukaan laut.

Laut sintetis yang berputar-putar ini menghadirkan ladang puing-puing ranjau yang mematikan. Setiap tahun ribuan burung laut, ikan, dan mamalia mati atau sulit untuk bertahan hidup di dekat tantangan sampah yang terus bertambah ini. Kura-kura memakan kantong plastik, mengira itu ubur-ubur. Burung memakan partikel plastik, mengira itu ikan atau udang, lalu kelaparan karena polimer yang tidak dapat dicerna memberi mereka sensasi palsu bahwa mereka kenyang.

Diperkirakan tempat sampah terapung yang samar-samar ini, juga disebut Pacific Trash Vortex, mungkin berisi lebih dari 100 juta ton puing, dan terus bertambah setiap tahun. Meskipun merupakan yang terbesar, tempat Sampah Pasifik Besar tidaklah unik. Ini hanya satu dari lima kumpulan sampah raksasa yang ditemukan di antara tujuh lautan dunia.

Tahukah Anda bahwa Alkitab mengatakan bahwa Tuhan akan membuang dosa-dosa kita ke dasar laut? Tetapi kabar baiknya adalah mereka tidak mengapung! “Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut” (Mikha 7:19).

Lihatlah laut itu, besar dan luas wilayahnya, di situ bergerak, tidak terbilang banyaknya, binatang-binatang yang kecil dan besar. Mazmur 104:25.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.