SIAPAKAH 144.000 ORANG YANG DISEBUTKAN DALAM BUKU WAHYU? (BAGIAN II)

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Orang bertanya-tanya apakah 144.000 secara harfiah adalah 12.000 orang Israel dari masing-masing 12 suku? Meskipun kepercayaan ini umum di beberapa kalangan, setelah melihat dari dekat, menjadi jelas bahwa ini tidak mungkin. Sebuah studi yang cermat dalam Perjanjian Lama mengungkapkan petunjuk penting. Karena 10 suku utara menyerahkan diri mereka sepenuhnya kepada penyembahan berhala, Tuhan mengizinkan bangsa Asyur untuk menawan mereka pada tahun 722 SM. “Dalam tahun kesembilan zaman Hosea maka raja Asyur merebut Samaria, Ia mengangkut orang-orang Israel ke Asyur” (2 Raja-raja 17:6).

Ketika suku Yehuda dan Benyamin kemudian dibawa ke Babel, setelah ditawan 70 tahun, ribuan orang kembali. Tetapi dengan 10 suku lainnya, sejarah tidak pernah mencatat kepulangan massal mereka dari Asyur kembali ke Israel. Sebaliknya, raja Asyur memindahkan berbagai bangsa kafir ke tanah Israel di wilayah Samaria. “Raja Asyur mengangkut orang dari Babel, dari Kuta, dari Awa, dari Hamat, dan Sefarwaim, lalu menyuruh mereka diam di kota-kota itu pun menduduki Samaria dan diam di kota-kotanya.” (2 Raja-raja 17:24).

Raja memang mengirim seorang imam Ibrani kembali dari Asyur untuk mengajar para penyembah berhala yang dipindahkan ini tentang Allah Israel, tetapi bukan pada 10 suku yang ditawan (2 Raja-raja 17:27). Mereka akhirnya dikenal sebagai orang Samaria. Sebagaimana terbukti dalam Perjanjian Baru, orang-orang Yahudi membenci kelompok ini. Mengapa? Mereka bukan lagi orang Israel murni yang sedarah atau seagama.

Jauh sebelum zaman Yesus, 10 suku yang dibawa ke negeri asing ini, menikah dengan orang Asyur, sehingga kehilangan identitas mereka. Saat ini, seorang ahli silsilah akan sulit sekali menemukan satu pun keturunan murni dari suku-suku ini—apalagi 12.000! Suku-suku ini sangat tersebar, berasimilasi, dan diserap di seluruh dunia oleh negara tuan rumah mereka, sangat mungkin Anda memiliki jejak Abraham dalam garis keturunan Anda!

Maka mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, apabila aku menyerakkan mereka di antara bangsa-bangsa dan menghamburkan mereka ke semua negeri. Yeheskiel 12:15.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.