renungan berkat

HORMATILAH SABAT

Renungan Harian
Hormat dalam Kehidupanku
Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat. (Keluaran 20:8)

“Ingatlah” ditempatkan pada awal hukum yang keempat. Orang tua, kamu perlu mengingat hari Sabat, untuk menguduskannya. Dan kalau kamu berbuat hal itu, kamu memberikan pengajaran yang tepat kepada anak-anakmu; mereka akan menghormati hari Allah yang kudus. . . . Sepanjang pekan ingatlah bahwa hari Sabat Tuhan itu kudus, karena hari itu akan dipersembahkan untuk melayani Allah. Hari itu adalah hari ketika tangan harus berhenti dari pekerjaan duniawi, bilamana jiwa itu perlu mendapatkan perhatian istimewa.

Hari Sabat—oh! jadikanlah yang terindah, hari yang paling bahagia dalam sepanjang pekan itu. . . . Orang tua dapat dan harus memperhatikan anak-anaknya, bacakan kepada mereka bagian-bagian yang paling menarik dari sejarah Alkitab, mendidik mereka untuk menghormati hari Sabat, memeliharanya menurut hukum. . . . Mereka bisa menjadikan Sabat itu suatu kesukaan kalau mereka menempuh langkah yang tepat. Anak-anak bisa tertarik dalam membaca bahan-bahan yang baik atau dalam percakapan mengenai keselamatan jiwanya.”

Sebagian dari hari itu harus diberi kesempatan kepada seluruh keluarga untuk berada di udara luar. . . . Biarkan pikirannya yang muda itu berhubungan dengan Allah di tengah pemandangan alam yang indah, biarlah perhatian mereka diarahkan kepada tanda-tanda kasih-Nya kepada manusia dalam hasil ciptaan-Nya. . . Manakala mereka memandang alam yang elok yang telah diciptakan-Nya bagi kesenangan manusia, mereka akan dipimpin untuk menganggap Dia sebagai Bapa yang lemah lembut dan penuh kasih. . . . Bila tabiat Allah memperlihatkan bagian-bagian kasih, kebajikan, keelokan dan penarikan, mereka pun tertarik kepada kasih-Nya.

Sabat adalah kaitan emas yang mempersatukan Allah dengan umat-Nya.

Memelihara dan menguduskan Sabat bagi Tuhan berarti keselamatan kekal.

Hidupku Kini, hlm. 289

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *