APAKAH DOSA YANG TIDAK DAPAT DIAMPUNI? BAGIAN 2

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Jadi bagaimana dengan penghujatan terhadap Roh Kudus… apakah itu tidak bisa diampuni? Nah, untuk menjawab ini, kita perlu memahami apa yang Roh Kudus lakukan. Begitu kita melakukannya, kita akan melihat mengapa fungsi-Nya begitu penting sehingga penghujatan terhadap-Nya adalah dosa yang begitu serius sehingga tidak dapat diampuni.

Roh Kudus melakukan tiga hal: Pertama, Dia mengajar kita hal-hal yang perlu kita ketahui untuk keselamatan kita (Yohanes 14:26). Kedua, Roh Kudus menuntun kita ke dalam semua kebenaran (Yohanes 16:13). Ketiga, misi Roh Kudus adalah menginsafkan dosa (Yohanes 16: 7, 8).

Ini adalah pekerjaan-Nya. Oleh karena itu, logis untuk menyimpulkan bahwa selama kita mengizinkan Roh Kudus untuk mengajar kita, untuk membimbing kita, dan untuk menginsafkan kita, kita tidak akan pernah bersalah karena melakukan dosa yang tidak dapat diampuni. Tetapi seandainya kita menolak untuk mengakui ketiga pekerjaan Roh ini dalam pengalaman pribadi kita dengan Tuhan; Itulah tepatnya ketika orang mulai mendekati parameter mematikan dari dosa terburuk yang tercatat.

Penghujatan terhadap Roh Kudus adalah penolakan yang terus-menerus dan terus-menerus dari penarikan kasih Roh Tuhan, sedemikian rupa sehingga Anda kehilangan kemampuan untuk mendengar suara Roh. Hati nurani menjadi terbakar (1 Timotius 4: 2). Penghujatan mematikan ini juga disebut “mendukakan” Roh Kudus. Rasul Paulus berkata, “janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu,” artinya kita dapat mendukakan Dia secara permanen.

Akhirnya, seseorang kehilangan kapasitas untuk bertobat dan, oleh karena itu, tidak dapat diselamatkan. Karena dosa inilah seseorang tidak dapat diampuni, karena mereka telah menolak Roh yang menginsafkan dosa (Yohanes 16: 8). Jadi jika Anda masih merasa diinsafkan akan dosa dan memiliki keinginan untuk bertobat, maka Anda mungkin belum melakukan dosa yang tidak dapat diampuni.

Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. Matius 12:31


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.