APAKAH TRINITAS ITU?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Subjek ini telah diperdebatkan oleh para pemikir besar Susunan Kristen selama hampir 2.000 tahun. Ketika manusia mencoba menggambarkan Tuhan, yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha sebaik mungkin. Jika kita bisa mencapai bintang terjauh, mungkin kita bisa menjelaskan Tuhan. Tapi kita tidak bisa. Namun, Alkitab cukup memberi tahu kita sehingga kita tidak perlu ragu.

Tuhan adalah satu kesatuan dari tiga pribadi. “Tuhan” adalah kata keluarga; Ia terdiri dari Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus. Dalam Yohanes 3:16, kita melihat bahwa Allah Bapa mengutus Allah Anak dalam rupa manusia agar kita dapat diampuni. Pada pembaptisan Yesus, Anda melihat orang-orang ini lagi. Bapa berbicara dari surga dengan mengatakan, “Ini adalah putraku yang terkasih.” Kemudian Roh turun dalam bentuk burung merpati ke atas Anak. Anda memiliki Bapa, Anak, dan Roh Kudus di sana.

Beberapa orang bingung karena Musa berkata, “Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa!” (Ulangan 6:4). Tetapi Alkitab juga memberi tahu kita, “Allah berfirman, ‘Marilah Kita menjadikan manusia menurut gambar Kita’” (Kejadian 1:26).

Kata “satu” dalam Alkitab tidak hanya berarti satu orang; itu juga bisa berarti satu dalam kesatuan atau dalam tujuan. Berbicara tentang para rasul, Yesus berdoa “supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” (Yohanes 17:21). Galatia 4:4–6 mengatakan, “Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak. Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: ”ya Abba, ya Bapa!” Di sini Anda memiliki Allah Bapa yang mengutus Anak dan mengirimkan Roh agar kita dapat mencerminkan Allah Anak. Ada banyak gelar berbeda yang digunakan dalam Alkitab untuk Tuhan, tetapi hanya ada satu Tuhan yang bersatu dalam tujuan-Nya untuk menyelamatkan Anda dan saya. Itulah Trinitas.

Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. Yesaya 55:9.

 

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.