APAKAH TUHAN MENGIZINKAN NUH UNTUK MEMAKAN “SEGALA YANG BERGERAK”?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Makanan asli yang ditetapkan dalam Kejadian 1:29 dan 3:18 terdiri dari kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran. Rencana ini tidak berubah sampai setelah Air Bah. Kemudian, karena sebagian besar tumbuh-tumbuhan telah dihancurkan oleh Air Bah, Tuhan mengizinkan penggunaan daging hewan untuk pertama kalinya. Allah melihat kebutuhan ini dan memerintahkan Nuh untuk membawa tujuh pasang hewan halal ke dalam bahtera, sementara hewan haram yang masuk sebanyak 1 pasang (Kejadian 7:1, 2).

Meskipun Kejadian 9:3 tampaknya merupakan izin untuk memakan segala jenis hewan, itu bukan tanpa batas. Tuhan berkata, “Aku telah memberimu segala sesuatu, bahkan seperti tumbuh-tumbuhan hijau.” Sama seperti Tuhan telah memberikan tumbuh-tumbuhan, demikian juga sekarang Dia memberikan daging. Tapi yang jelas, semua tumbuh-tumbuhan itu tidak baik untuk dimakan. Ada gulma berduri dan tanaman beracun yang tidak bisa dimakan. Demikian pula, Tuhan segera melanjutkan (Imamat 11) untuk menegaskan kepada generasi mendatang bahwa hewan tertentu tidak baik untuk dimakan dan tidak boleh dimakan.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa instruksi ini diberikan kepada Nuh segera setelah Ia meninggalkan bahtera. Karena dibutuhkan dua (baik jantan dan betina) untuk meneruskan suatu spesies dan hanya dua dari setiap hewan najis yang diselamatkan di dalam bahtera, sudah pasti bahwa Tuhan tidak memberikan izin untuk memakan hewan najis. Jika Dia melakukannya, spesies yang haram ini akan musnah segera setelah air bah.

Saya tidak bisa membayangkan Nuh duduk untuk makan sigung dan reptil ketika dia dengan jelas memahami perbedaan antara hewan yang halal dan yang haram ketika mereka naik ke bahtera. Tuhan menguraikan batasan-batasan ini bagi orang Israel setelah mereka meninggalkan Mesir untuk menjelaskan apa yang mungkin dipahami oleh generasi sebelumnya. Saya pikir Kejadian 9:3 paling baik dipahami karena Tuhan hanya memberi tahu Nuh, “Sekarang Aku memberimu izin untuk makan makanan daging.

Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. Kejadian 9:3.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *