PERLOMBAAN TERBESAR

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

FAKTA MENAKJUBKAN: Pada 12 Februari 1908, lebih dari 250.000 penonton yang bersorak-sorai berkumpul di Times Square untuk menyaksikan dimulainya lomba balapan mobil dengan jarak tempuh terpanjang dalam sejarah — perlombaan global dari New York ke Paris. Enam mobil bersama tim mereka yang berasal dari Perancis, Italia, Jerman, dan Amerika Serikat akan mengambil rute barat ke arah Seattle, AS, lalu menyeberangi Pasifik dengan kapal ke Jepang, kemudian melalui Rusia, Jerman, dan berakhir di Paris.

Pistol ditembakkan dan perlombaan pun dimulai. Mobil Amerika, yang dibuat oleh Thomas Motor Company, memiliki empat silinder dengan mesin berkekuatan 60 tenaga kuda serta bisa mencapai kecepatan maksimum 60 mph. Secara silih berganti lomba dipimpin oleh tim Jerman, Italia, dan Amerika. Balapan tersulit ini dimulai pada pertengahan musim dingin dan perlu diingat bahwa pada saat itu hanya ada beberapa ruas jalan yang dipelihara, tidak ada kendaraan pembersih salju, belum ada teknologi 4×4, tidak ada radio, peta juga masih bias, tidak ada tempat pengisian bahan bakar ataupun rumah makan untuk beristirahat.

Bahkan mereka harus mengikuti rel kereta api, sesuatu yang membuat tulang-tulang terasa remuk. Terkadang mereka tersesat selama berhari-hari dan harus mundur untuk tetap berada dalam trek. Seringkali juga mereka harus menyewa kuda untuk menarik mobil ketika tertanam di salju Iowa atau lumpur Siberia. Sesekali tim bahkan berhenti untuk membantu menyelamatkan tim yang lain. Namun mereka terus berlomba sehingga akhirnya, setelah 169 hari dan lebih dari 22.000 mil, pada tanggal 30 Juli 1908, tim Amerika tiba lebih dahulu di Paris dan memenangkan perlombaan.

Dari enam tim yang sejak semula berpartisipasi dalam lomba, hanya tiga yang tiba di Paris. Hebatnya lagi, pembalap Amerika yang memenangkan perlombaan, George Schuster, sebetulnya datang ke Times Square bukan sebagai anggota tim peserta tetapi datang untuk mengantarkan “Thomas Flyer,” kendaraan yang akan dipakai balapan ke garis start. Ketika mekanik yang sudah ditentukan, memutuskan untuk mengundurkan diri pada menit terakhir, George diminta untuk menggantikannya. Sesaat kemudian, dia tampak sudah berganti pakaian, naik ke mobil dan mencetak sejarah. Sebelum balapan selesai, George telah menjadi pembalap dan merupakan satu-satunya anggota tim asli Amerika yang menyelesaikan balapan bersejarah itu. George, yang hidup sampai 99 tahun, juga menjadi orang pertama yang mengemudi melintasi Amerika Serikat selama musim dingin dengan mengendarai mobil.

Tahukah Anda, Alkitab mengatakan bahwa kehidupan orang Kristen adalah sebuah perlombaan? Seharusnya ini mendorong kita untuk berupaya semampu mungkin, bersedia mengorbankan segala sesuatu yang kita punya. Dan jika perhatian kita terfokus kepada Yesus, yang adalah “pemberi dan pelengkap iman kita,” kita tidak akan gagal!

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.  Ibrani 12:1,2[/perfectpullquote]


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *