BATU BATU BERTERIAK

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Salah satu jenis radio paling awal yang disebut sebagai radio kristal, tidak memerlukan sumber daya apa pun. Namanya seperti itu karena memiliki sepotong kecil mineral kristal, biasanya galena, di sirkuit listriknya. Ini memungkinkannya untuk menerima dan memperkuat sinyal pada earphone, sebelum dioda modern ditemukan. Saat ini sebagian besar radio memperkuat sinyal radio yang masuk dengan baterai atau sumber daya lainnya.

Sungguh menakjubkan melihat seberapa jauh dan cepat teknologi telah berkembang dalam 90 tahun terakhir sejak radio pertama kali diperkenalkan. Kita dapat menyebutkan tidak hanya radio dan televisi, tetapi juga sonar, radar, microwave, dan telepon seluler. Teknologi medis juga telah membuat terobosan menakjubkan dalam teknik pengambilan gambar non-invasif seperti CT dan MRI (magnetic resonance imaging). Tapi mungkin salah satu perkembangan teknologi yang paling berpengaruh adalah komputer pribadi.

Inti dari semua perangkat elektronik ini sekali lagi adalah juga mineral, kali ini bukan galena, tetapi silikon. Silikon adalah semi-konduktor, yang berarti material ini membatasi aliran listrik secara parsial. Ketika diapit ke dalam “chip” elektronik dengan cara yang tepat, silikon dapat bertindak sebagai “gerbang” variabel untuk mengontrol aliran listrik sebagai respons terhadap input tegangan kecil. Ini menghasilkan kontrol listrik akurat yang dibutuhkan di sebagian besar perangkat elektronik saat ini, dan itulah sebabnya sirkuit terpadu (terbuat dari silikon) sangat penting dan digunakan pada hampir semua amplifier perangkat elektronik, termasuk radio modern.

Ketika Yesus sedang menunggang keledai ke kota, kerumunan murid mulai bernyanyi dan memuji Tuhan. Orang-orang Farisi yang mengawasi, menyuruh Yesus menegur murid-murid-Nya. Tetapi Yesus menjawab dengan mengatakan, “Aku berkata kepadamu: Jika mereka ini diam, maka batu itu akan berteriak.” (Lukas 19:40). Apakah ini nubuat? Hari ini, batu-batu itu benar-benar berteriak. Ada jutaan keping silikon yang dengan setia menyerukan pesan Injil melalui radio, TV, komputer, dan perangkat lainnya.

Sebagai umat Tuhan, marilah kita setia untuk tidak hanya menggunakan teknologi yang telah Dia sediakan secara ajaib bagi kita di dekat penutupan sejarah Bumi, tetapi juga menjadi saksi pribadi, hidup, bernafas untuk kesetiaan Tuhan dalam hidup kita.

Kamu inilah saksi-saksi-Ku, demikianlah firman Tuhan, dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi. Yesaya 43:10.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.