MINUM ANGGUR, APA KATA ALKITAB? BAGIAN 1

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Amazingfacts.id: Sering dikatakan bahwa anggur yang direkomendasikan rasul Paulus kepada murid Timotius dalam perikop ini adalah minuman beralkohol. Minum anggur, apa yang Alkitab nyatakan sehubungan dengan hal ini?

Namun ini salah karena berbagai alasan:

jus anggur segar

Pertama, kata Yunani oinos digunakan dan dapat menunjukkan pada jus anggur yang difermentasi atau tidak. Itu tergantung pada konteksnya.

Selain itu, ada referensi sejarah yang mendukung penggunaan anggur yang tidak difermentasi untuk tujuan pengobatan di dunia kuno. Misalnya, Athenaeus (280 iklan) menyarankan untuk menggunakan jus anggur yang tidak difermentasi untuk gangguan perut.

Beberapa otoritas kesehatan saat ini mendesak minum jus anggur berdasarkan konsumsi terapeutik yang cepat ke dalam sistem.

Timothy mungkin juga hidup sebagai seorang Nazir jika dia hanya minum air. Paulus menyuruhnya untuk menggunakan sedikit jus anggur, yang memiliki efek menenangkan pada tubuh, hal ini menunjukkan bahwa Timotius berpantang dan perlu didesak untuk meminum sedikit anggur baru.

minum anggur fermentasi

Minum anggur yang difermentasi dapat menyebabkan sakit maag; Paulus tidak akan pernah merekomendasikan anggur tua untuk terapi perut.

Sebelumnya dalam surat yang sama, Paulus menginstruksikan Timotius bahwa para uskup harus berpantang (nephalion) (1 Timotius 3:2, 3).

Rasul tidak akan mendorong Timotius untuk minum minuman beralkohol ketika dia, sebelumnya dalam surat yang sama, melarang penggunaannya oleh para pemimpin gereja (1 Timotius 3:8).

alkitab melarangnya

Selain itu, karena minuman beralkohol secara kategoris dikutuk dalam Amsal 20:1 dan 23:29-32, tidak dapat dibayangkan bahwa para pemimpin gereja Perjanjian Baru akan memaafkannya.

Jadi tidak ada dalam nasihat Paulus kepada Timotius untuk menunjukkan bahwa “anggur kecil” ini difermentasi. Karena Timothy jelas memiliki masalah pencernaan dan kelemahan lainnya, penggunaan jus anggur yang direkomendasikan mungkin merupakan suplemen makanan yang efektif.

Para penulis Alkitab juga merekomendasikan jus anggur yang tidak difermentasi sebagai berkat bagi tubuh. “Beginilah firman Tuhan: ‘Seperti kata orang jika pada tandan buah anggur masih terdapat airnya: Janganlah musnahkan itu, sebab di dalamnya masih ada berkat!'” (Yesaya 65:8). Jenis anggur yang “di yang digunakan” adalah nonalkohol.

Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah. 1 Timotius 5:23.

 

 

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.