BUKANKAH SEPULUH FIRMAN ADALAH BAGIAN DARI PERJANJIAN LAMA YANG TELAH DIHAPUS DI SALIB?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Beberapa orang Kristen mengajarkan bahwa Sepuluh Firman adalah bagian inti dari perjanjian yang lama, yang telah dihapuskan.  Namun meskipun Sepuluh Firman memang merupakan perjanjian yang diperintahkan, itu bukan merupakan perjanjian yang tua yang dimusnahkan (Ibrani 8:13).  Berikut beberapa alasannya:

  1. Perjanjian yang lama adalah salah, memiliki janji yang buruk, dan dimusnahkan (Ibrani 8: 7, 8, 13). Tak satu pun dari poin-poin itu berlaku untuk Hukum Allah yang sempurna (Mazmur 19: 7).
  2. Perjanjian yang lama dibuat berdasarkan janji orang Israel untuk menaati perintah Allah dengan kekuatan mereka sendiri (Keluaran 24: 7, 8). Itu bukanlah hukum itu sendiri.
  3. Mengacu pada Sepuluh Hukum, Tuhan berkata kepada Musa, “Menurut inti dari kata-kata ini Aku telah membuat perjanjian dengan kamu dan dengan Israel” (Keluaran 34:27, 28). Bukan hukum itu sendiri tetapi janji untuk menaati hukum.
  4. Musa menyebut anak lembu emas sebagai “dosamu, anak sapi yang telah kau buat” (Ulangan 9:21). Anak sapi bukanlah dosa, tetapi dosa tentang anak sapi. Dengan cara yang sama, perjanjian yang lama bukanlah hukum, tetapi tentang hukum.  Jadi itu disebut perjanjian.
  5. Roma 9: 4 menunjukkan bahwa perjanjian yang lama dan baru berbeda dari hukum itu sendiri: “… siapa orang Israel, yang kepadanya berkaitan dengan adopsi, kemuliaan, perjanjian, pemberian hukum, pelayanan kepada Allah, dan janji-janji itu. ” Di sini hukum tertulis, serta perjanjian (jamak).  Ini akan mencakup perjanjian yang lama dan baru, ditambah dengan “pemberian hukum,” yang merupakan Sepuluh Hukum.
  6. Untuk menunjukkan bagaimana hukum bukanlah perjanjian yang lama, mari kita ubah beberapa kata dalam Roma 3:31 dan lihat apa yang terjadi: “Jika demikian, adakah kami membatalkan perjanjian yang lama karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya (perjanjian yang lama). Sangat jelas tidak masuk akal, bukan?

“Dan Ia memberitahukan kepadamu perjanjian, yang diperintahkan-Nya kepadamu untuk dilakukan, yakni Kesepuluh Firman dan Ia menuliskannya pada dua loh batu.”  Ulangan 4:13

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.