GEMPA BUMI

Featured Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

FAKTA MENAKJUBKAN: Gempa bumi memunculkan gambaran menakutkan tentang tanah yang bergoyang dan berguling seolah-olah digerakkan oleh kekuatan jahat dari neraka. Tidak seperti tornado atau angin topan, gempa bumi biasanya terjadi tanpa peringatan. Di Amerika Utara, ketika kita mendengar kata gempa, kita biasanya memikirkan Los Angeles, San Francisco, atau mungkin Alaska. Tapi bahkan ada gempa bumi besar yang tercatat di Boston, Charleston, Carolina Selatan, dan bahkan Long Island.

Anehnya, beberapa potensi terbesar dari gempa bumi Amerika Utara yang kuat tidak terletak di Pesisir Pasifik atau Atlantik, melainkan di negara bagian di sekitar Amerika tengah. Gempa bumi yang paling dahsyat terjadi antara tahun 1811 dan 1812 di Patahan Madrid Baru (pertengahan antara St. Louis dan Memphis, di bawah Mississippi). Gempa bumi ini mengguncang seluruh Amerika Serikat, mempengaruhi topografi benua Amerika Utara lebih dari gempa bumi lainnya dalam sejarah yang tercatat. Dilihat dari efeknya, besarnya 7,5 atau lebih tinggi.

Guncangannya dirasakan di seluruh Amerika Serikat di sebelah timur Rockies. Guncangannya begitu dahsyat, wilayah yang luas tenggelam ke dalam bumi, danau-danau baru terbentuk, 150.000 hektar hutan hancur, dan Sungai Mississippi mengalir mundur, mengubah jalurnya secara permanen. Banyak rumah di New Madrid roboh. Satu sumber mencatat, “Rumah, kebun, dan ladang ditelan.” Kematian dan kerusakan rendah, karena pada waktu itu daerah itu jarang ditinggali. Namun dalam 200 tahun terakhir, wilayah yang sama menjadi padat penduduk.

Selama bertahun-tahun para ahli geologi tidak bertanya-tanya “jika” tetapi “kapan” yang gempa besar itu akan menghantam! Prediksi gempa merupakan ilmu untuk menentukan waktu, lokasi, dan magnitudo suatu gempa bumi yang akan datang, terutama gempa besar berikutnya di suatu wilayah tertentu. Para ilmuwan percaya ada kemungkinan yang signifikan bagi gempa bumi besar untuk menghantam pusat gempa tertentu , menyebabkan hilangnya nyawa yang sangat besar dan kerusakan properti dalam jumlah miliaran. Tapi ilmu prediksi masih tidak bisa diandalkan. Itulah sebabnya, selama beberapa dekade sekarang, beberapa kota di Amerika Utara telah melihat ke bawah tabung meriam seismik yang sudah diisi, berharap akan ada hari kasih karunia yang lain.

Yesus berkata sebelum kedatangan-Nya akan ada gempa bumi di berbagai tempat. Bencana alam seperti itu terus mengarahkan kita pada pentingnya bersiap untuk kedatangan Kristus yang segera.

[perfectpullquote align=”full” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit. Lukas 21:11[/perfectpullquote]


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *