KEAJAIBAN LAUT

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Dalam banyak hal, lautan mewakili perbatasan terakhir di Bumi. Tujuh puluh lima persen permukaan dunia dan sembilan puluh tujuh persen air di planet ini ditemukan di lautan. Kurang dari satu persen air dunia adalah air tawar, dan sebagian besar terkandung dalam gletser dan lapisan es.

 Kedalaman rata-rata lautan adalah sekitar 2,5 mil, titik terdalam ada di Palung Mariana, 6,8 mil ke bawah. Sebagai perbandingan, Gunung Everest hanya setinggi 5,5 mil. Tekanan di bagian terdalam lautan lebih dari delapan ton per inci persegi.

 Pegunungan terpanjang di bumi adalah sistem punggungan tengah samudra, yang membentang lebih dari 40.000 mil di seluruh dunia, berkelok-kelok dari Samudra Arktik ke Atlantik, melintasi Afrika, Asia, dan Australia, dan melintasi Pasifik ke pantai barat Amerika Utara. Ini empat kali lebih panjang dari gabungan Andes, Rockies, dan Himalaya.

 Sembilan puluh persen dari semua aktivitas vulkanik terjadi di lautan. Pada tahun 1993, para ilmuwan menemukan konsentrasi gunung berapi aktif terbesar yang diketahui di dasar laut di Pasifik Selatan. Daerah ini, seukuran Negara Bagian New York, menampung 1.133 kerucut gunung berapi dan gunung laut. Dua atau tiga bisa meletus setiap saat.

 Gelombang pasang tertinggi di dunia berada di Teluk Fundy, yang memisahkan New Brunswick dari Nova Scotia. Pada beberapa waktu dalam setahun, perbedaan antara pasang naik dan surut adalah 53 kaki 6 inci, setara dengan bangunan tiga lantai.

 Laut juga dipenuhi dengan kehidupan yang menakjubkan. Meskipun para nelayan memanen lebih dari empat juta ton setiap tahun dari teluk dan lautan, ahli biologi memperkirakan bahwa sekitar 2.500.000 spesies laut belum ditemukan dan dideskripsikan.

 Alkitab memberi tahu kita bahwa ada dunia lain yang akan segera ditemukan oleh mereka yang mengasihi Tuhan, jauh melebihi apa yang dapat kita bayangkan. “Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran” (2 Petrus 3:13). Tuhan yang sama yang membentuk lautan kita yang menakjubkan dan penghuninya yang spektakuler akan memberikan kepada anak-anak-Nya bumi yang indah yang diperbarui!

Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

1 Korintus 2:9, 10

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.