KONVENSI KONSTITUSI DAN GERAKAN UNTUK MENGUBAH AMERIKA

Blog AFI Featured
Mari bagikan artikel ini

Pada tanggal 17 September 1787, Konstitusi Amerika Serikat ditandatangani oleh 39 dari 55 delegasi yang mewakili 12 dari 13 negara bagian saat itu. Hari ini, dokumen empat halaman asli dapat dilihat di Gedung Arsip Nasional di Washington, tertutup kaca dan titanium dan diawetkan dengan cermat dalam gas argon dan suhu konstan “67 derajat Fahrenheit dengan kelembaban relatif 40 persen.”

Itu adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk dokumen yang mungkin tidak bisa bertahan lama.

Ada gerakan yang berkembang di antara orang Amerika yang mengadvokasi perubahan konstitusional. Undang-undang kita mengizinkan dua cara untuk mengubah Konstitusi, sebagaimana diartikulasikan dalam Pasal V Konstitusi:

“Kongres, setiap kali dua pertiga dari kedua majelis akan menganggapnya perlu, akan mengusulkan amandemen Konstitusi ini, atau, pada penerapan badan legislatif dari dua pertiga dari beberapa negara bagian, harus memanggil konvensi untuk mengusulkan amandemen, yang, dalam kedua kasus, akan berlaku untuk semua maksud dan tujuan, sebagai bagian dari Konstitusi ini,  ketika diratifikasi oleh badan legislatif dari tiga perempat dari beberapa negara bagian, atau dengan konvensi dalam tiga perempat daripadanya, karena satu atau modus ratifikasi lainnya dapat diusulkan oleh Kongres.”

Dengan kata lain, ada dua fase untuk mengubah undang-undang yang mengatur seluruh bangsa. Pertama, amandemen harus diusulkan secara resmi, baik oleh mayoritas dua pertiga di Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat, atau mayoritas dua pertiga dari badan legislatif negara bagian — yaitu, 34 negara bagian — yang harus meminta Kongres untuk mengadakan konvensi konstitusional. Kemudian, amandemen dapat diusulkan pada konvensi itu.

Kedua, amandemen yang diusulkan kemudian perlu disetujui, baik oleh mayoritas tiga perempat dari badan legislatif negara bagian — yaitu, 38 negara bagian — atau oleh tiga perempat konvensi yang secara khusus dikumpulkan untuk diratifikasi di tingkat negara bagian. Selain itu, “Kongres menentukan metode mana yang harus diikuti oleh negara-negara bagian agar amandemen yang diusulkan menjadi efektif.”

Dalam sejarah kita, 27 dari 33 amandemen yang diusulkan telah berhasil diratifikasi. Ini termasuk Bill of Rights, yang terdiri dari 10 amandemen pertama. Semua 33 telah diusulkan menggunakan metode pertama, melalui dua majelis Kongres. Tapi, seperti yang tampaknya menjadi tema saat ini, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dapat segera terjadi.

Konvensi Negara

Sebuah artikel Business Insider baru-baru ini menyoroti sebuah organisasi nirlaba bernama Convention of States, yang telah bekerja selama beberapa tahun pada metode kedua, membuat badan legislatif negara bagian mengajukan permohonan ke Kongres untuk menyebut konvensi konstitusional. Jika berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya amandemen akan diusulkan oleh negara bagian. Tidak hanya itu, tetapi juga akan menjadi pertama kalinya konvensi konstitusional disebut — sejak yang dipanggil pada tahun 1787 untuk mengesahkan Konstitusi itu sendiri.

Konvensi Negara-negara membanggakan “jutaan pendukung di seluruh negeri” serta “penandatangan petisi di setiap distrik rumah negara bagian di seluruh Amerika.” Pada saat penulisan ini, upaya organisasi telah memuncak di 19 negara bagian yang mendaftar ke Kongres, empat di antaranya baru tahun ini.

Menurut situs web Konvensi Negara,kekuatan konvensi konstitusional yang dipimpin negara adalah kekuatan yang dikembalikannya kepada rakyat Amerika alih-alih “birokrat yang tidak terpilih di Washington, DC.” Metode ini penting untuk memungkinkan amandemen tidak hanya diusulkan tetapi juga diratifikasi “tanpa tanda tangan gubernur, intervensi Kongres, atau masukan apa pun dari presiden.”

Dan menariknya, sementara laporan telah muncul bahwa gerakan secara keseluruhan sangat didasarkan pada kubu Republik, yang lain mencatat bahwa keinginan untuk perubahan mendasar sebenarnya melampaui garis partai. Business Insider melaporkan bahwa “baik kaum konservatif yang frustrasi oleh kontrol Demokrat yang bersatu atas Kongres dan kaum progresif yang dilanda keputusan dari supermajoritas konservatif Mahkamah Agung” mengadvokasi perubahan yang mendalam semacam ini.

“Apa yang kita lihat sekarang, yang belum pernah kita lihat sebelumnya, adalah orang-orang memasukkan uang ke dalamnya [gerakan],” kata seorang administrator di kelompok nonpartisan Common Cause.

Ada faktor yang tidak dapat disangkal yang secara konsisten mempengaruhi perubahan: dukungan populer. Jika rakyat menginginkan perubahan, maka akan ada perubahan.

Perubahan Akan Datang

Ada undangan yang menunggu Anda untuk kerajaan Allah.

Kebetulan, ada orang lain yang mendorong eksplorasi yang lebih ekstrem, berdasarkan premis bahwa Konstitusi, seperti yang dikatakan The New York Times, tidak “dipahat dengan batu.” Akankah kita menjadi saksi bagi “revolusi tanpa darah” di tangan mereka?

Alkitab bernubuat bahwa negara ini, yang dibangun di atas kebebasan, harapan, dan hak-hak rakyatnya, memang akan berubah secara mendasar (Wahyu 13:11-17). Perubahan ini akan cepat dan tidak dapat diperbaiki. Alkitab meramalkan bahwa percobaan yang indah ini, dari awal yang sederhana hingga perannya saat ini sebagai bangsa yang paling berkuasa di dunia, akan segera berubah menjadi hanya distopia teror, kerusakan, dan pembunuhan (ayat 15–17).

Apakah ini tampak mustahil atau lebih mungkin setiap hari? Kami ingin menawarkan presentasi gratis ini, “Amerika Serikat dalam Nubuat Alkitab,” bersama dengan pelajaran yang sesuai, untuk memandu Anda melalui masa depan republik demokratis kami dan peran penting yang dimainkannya di ujung dunia.

Suatu hari Anda mungkin berduka untuk Amerika. Tetapi ketahuilah bahwa ada tanah merdeka yang akan bertahan untuk kekekalan, sebuah negeri surgawi yang dapat Anda sebut rumah: ” Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Mahatinggi” (Daniel 7:27); ” Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan, … karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya” (Yesaya 9:7). Ada undangan yang menunggu Anda untuk kerajaan Allah.

 

 


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.