MENGALAMI HIDUP SEHAT

Pendalaman Alkitab
Mari bagikan artikel ini

Oleh Mark A. Finley

Tuhan menciptakan kita untuk menjadi sehat, untuk menikmati hidup dalam segala kelimpahan. Penyakit dan kematian tidak pernah menjadi bagian dari rencana­Nya.

Dosa telah memisahkan kita dari Allah, yang adalah sumber kesehatan dan kehidupan itu sendiri. Meskipun kita tidak dapat mengontrol semua faktor yang menyebabkan penyakit dalam dosa, dunia yang rusak, kita dapat membuat sesuatu yang positif, pilihan sehat. Pilihan pola hidup secara dramatis akan mempengaruhi keseluruhan kesejahteraan kita. Dalam pelajaran Alkitab bulan ini kita akan menemukan kembali rencana Tuhan untuk hidup sehat

1. Apakah kerinduan Allah bagi kita masing-masing? Dalam 3 Yohanes 2 dikatakan “Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. Temukan rencana total Allah untuk fisik, emosional, dan kesejahteraan spiritual. Tuhan menciptakan kita sebagai kesatuan yang tak terpisahkan. Dia rindu kita menjadi sehat secara fisik, emosional, dan spiritual. Kesehatan terkait kepada kesejahteraan setiap aspek kehidupan kita. Ini ada hubungannya dengan pikiran kita, perasaan kita, emosi kita, dan tubuh kita.

2. Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Roma 12:1, 2. Apakah yang diminta Rasul Paulus tentang tanggung jawab kudus kita masing-masing dalam merawat tubuh kita? Dalam menerjemahkan ungkapan “ibadahmu yang sejati” (ayat 1), Versi Standar Bahasa Inggris menggunakan ungkapan “ibadah rohani.” Dengan kata lain, mendedikasikan tubuh kita sebagai “korban yang hidup kepada Tuhan,” dan hidup harmonis dengan hukum abadi kerajaan­Nya, merupakan tindakan ibadah rohani. Kita menyembah Sang Pencipta dengan bekerja sama dengan­Nya dalam membangun apa yang telah dibuat, bukan menghancurkannya dengan pilihan pola hidup yang salah.

3. Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah,– dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! 1 Korintus 6:19, 20. Bagaimanakah Rasul Paulus mencoba untuk memotivasi orang percaya di Korintus untuk membuat pilihan kesehatan yang lebih baik? Carilah ekspresi spesifik yang paling tepat menggambarkan mengapa sangat penting untuk membuat pilihan positif mengenai kesehatan kita. Tubuh kita adalah bait Allah yang hidup, bukan rumah permainan untuk menikmati kesenangan diri. Roh Kudus tinggal di bait jiwa untuk mengesankan pikiran dan pikiran kita untuk menjadi lebih seperti Yesus setiap hari (lihat Flp. 2:5; 1 Yoh. 3:1, 2).

4. Apakah prinsip dasar yang harus membimbing kita dalam semua pilihan pola hidup kita?  Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah. 1 Korintus 10:31. Dalam satu kalimat menggambarkan prinsip dasar Paulus untuk hidup.

5. Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. 1 Tesalonika 5:23. Bagaimanakah Rasul Paulus mengaitkan kesehatan kita dengan kedatangan Yesus yang kedua? Ringkaskan mengapa kebiasaan fisik kita sangat penting. Paulus berdoa agar kita dapat disucikan “seluruhnya,” bahwa roh kita (pola pikir dan sikap), jiwa kita (sisi rohani), dan tubuh kita (secara fisik) akan “terpelihara sempurna” sampai kedatangan Yesus. Penyucian, atau kudus, mencakup setiap aspek kehidupan kita. Pilihan pola hidup kita mempengaruhi kesehatan fisik, emosional, dan rohani kita.

6. Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. Filipi 4:13. Meskipun Rasul Paulus, seperti kita semua, punya kelemahan, mengalami godaan, dan kadang-kadang jatuh, apakah sumber kekuatannya? Apakah sumber kekuatan kerohaniaannya? Yesus rindu untuk memberdayakan kita melalui Roh Kudus­ Nya untuk memiliki hidup Kristen yang menang. Kekuatannya menjadi sempurna dalam kelemahan kita. Ketika lemah, kegoyahan kita bersatu dengan kuasa­Nya, kemenangan atas praktik pola hidup rusak sudah dipastikan milik kita.

7. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.Ibrani 4:15, 16. Bagaimanakah kemenangan Yesus atas godaan Setan meyakinkan kemenangan kita atas godaan-godaan yang sama? Kita memiliki Juruselamat yang sepenuhnya memahami ba­ gaimana rasanya dicobai dalam setiap aspek kehidupan. Yesus “telah dicobai” dalam segala hal (ayat 15), tetapi Dia tidak pernah menyerah pada godaan besar Setan. Ada satu hal yang berbeda tentang bagaimana Setan mencobai Yesus dan bagaimana ia menggoda kita. Setan tidak hanya menggunakan setiap godaan yang mungkin dapat menjatuhkan Yesus, ia juga menggunakan seluruh kekuatannya pada Yesus. Setan tidak perlu menggunakan semua kuasanya pada kita, karena kita adalah mangsa yang mudah jatuh. Yesus dicobai dalam segala hal dengan segala kuasa dan kemenangan­Nya adalah milik kita. Menyerahkan kelemahan kita, demikian juga kehendak kita kepada­Nya, membuat kita menerima kuasa rohani untuk menjalani kehidupan yang melimpah yang Dia telah direncanakan untuk kita masing­-masing.

Jika Anda rindu mempelajari tentang rencana Tuhan untuk kesehatan kita temukan di jawabannya di sini: https://amazingfacts.id/pedoman-hidup-sehat/

Jika Anda rindu belajar lebih mendalam mengenai kebenaran tentang kesehatan, kami akan membekali Anda dengan Seri Pembelajaran Alkitab yang menarik dan mendalam tetapi sangat mudah untuk dipahami, bergabunglah dengan ribuan orang yang telah merasakannya, daftar sekarang gratis di situs belajaralkitab.id


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.