SIAPAKAH 144.000 ORANG YANG DISEBUTKAN DALAM BUKU WAHYU? (BAGIAN V, SELESAI)

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel” (Matius 10:5, 6). Kemudian dengan pencurahan roh hujan awal, ke-12 rasul ini menobatkan ribuan selama kebangkitan Pentakosta. Pada awalnya, mereka semua adalah orang Yahudi (lihat Kisah Para Rasul 2:5,6).

Pada saat kedatangan Yesus yang kedua kali, dengan pencurahan roh hujan akhir, 12 kali 12.000 orang akan mencapai lebih banyak orang di seluruh dunia. Kumpulan besar orang yang bertobat di bawah pengaruh dan penginjilan dari 144.000 orang!

Ingatlah bahwa 144.000 orang bukan satu-satunya yang Yesus gunakan untuk mernginjil di akhir zaman— sama seperti 12 rasul hanyalah bagian dari 120 orang di ruang atas yang memimpin kebangunan rohani Pentakosta (Kisah Para Rasul 1:15). Yesus tidak hanya mengutus 12 orang untuk menginjil di Israel, tetapi Ia juga mengutus tim yang terdiri dari 70 orang (Lukas 10:1). 144.000 orang adalah pemimpin rohani dalam kebangunan rohani ini, tapi bukan satu-satunya yang menginjil.

Sesaat sebelum Tuhan mencurahkan Roh Kudus dalam Kisah Para Rasul 2, sesuatu yang menarik terjadi dalam Kisah Para Rasul 1. Setelah Yesus naik ke surga, para murid berdoa dan mengesampingkan perbedaan mereka di kamar atas (ayat 13). Salah satu dari 12 rasul, Yudas, sudah mati dan perlu diganti untuk mengembalikan jumlahnya menjadi 12 (ay. 26). Begitu jumlahnya selesai, Roh Kudus dicurahkan.

Yesus memberkati, melatih ke-12 rasul ini untuk memimpin para pengikut-Nya, menjangkau umat Israel untuk kedatangan-Nya yang pertama. Dia selanjutnya akan memilih 12 kali 12.000 orang untuk memimpin gereja-Nya dalam menjangkau dunia untuk kedatangan-Nya yang kedua. Akan ada banyak orang yang bertobat sebagai hasil dari pelayanan mereka!

“Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu. Yoel 2:28,29.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.