SUTRA LABA-LABA

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Salah satu bahan yang paling menakjubkan di alam adalah jaring laba-laba yang ringan, fleksibel, namun sangat kuat, yang berfungsi untuk menangkap serangga. Itulah sutra laba-laba. Benang yang dihasilkan oleh arakhnida kecil ini dapat menahan beban yg lebih besar daripada bahan manufaktur yang paling canggih. Sutra atau jaring laba-laba adalah benang yang sangat kuat yang memiliki kekuatan tarik 300.000 pon per inci persegi dan lebih kuat serta lebih ringan daripada bahan berbasis baja.

Sejak lama orang-orang telah mengetahui tentang khasiat sutra laba-laba yang ajaib, dan beberapa orang bermimpi dapat membuatnya, sebagaimana cara orang Cina kuno yg belajar menghasilkan sutra dari ulat sutera. Tetapi tidak seperti ulat sutera lembut, laba-laba bersifat agresif, menguasai teritorial, dan tidak mudah dijinakkan. Hingga saat ini semua upaya untuk mensintesis sutra laba-laba telah gagal, tetapi suatu usaha telah dirintis, yang melibatkan penyambungan gen, yg menunjukkan harapan yang cukup besar.

Sebuah perusahaan Kanada, Nexia Biotechnologies, muncul di ambang pembuatan zat yang mirip dengan sutera laba-laba melalui metode yang mengejutkan, menggunakan susu kambing. Para peneliti memasukkan gen sutera laba-laba ke dalam hewan menyusui, karena terdapat kemiripan anatomis yang erat antara kelenjar laba-laba penghasil sutra dan kelenjar mamalia yang memproduksi susu. Para ilmuwan menyambungkan gen sutra laba-laba ke dalam sel yang diambil dari kelenjar susu kambing. Gen sutra bekerja dengan efisiensi luar biasa dalam sel susu, dan ilmuwan Nexia segera menghasilkan sutra laba-laba berkualitas tinggi.

Sekarang tantangannya adalah membiakkan kambing transgenik ini secara massal dan mengekstrak protein sutra murni dari susu dan memutarnya menjadi kain. Jika stok baru kambing yang diubah secara genetik menghasilkan seperti yang diharapkan, Nexia adalah awal dari produk susu sutera laba-laba. Produk, yang disebut “BioSteel”, akan segera digunakan untuk berbagai aplikasi seperti jahitan medis pada tendon atau pada ligamen buatan. Juga bisa digunakan untuk membuat rompi antipeluru yang lebih ringan dan lebih kuat, dan bahkan untuk pengaman stasiun luar angkasa, melindunginya dari mikro-meteorit.

Sangat menarik untuk mempertimbangkan berapa banyak penemuan manusia yang telah dijiplak dari makhluk menakjubkan yang telah Tuhan ciptakan. Fakta yang paling menakjubkan adalah banyak orang mengira semua keajaiban alam ini berevolusi secara kebetulan!

Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu. Mazmur 104:24

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.