TUHAN PEDULI KEPADA ANDA

Belajar Alkitab Featured
Mari bagikan artikel ini

Tuhan peduli kepada Anda. Inti dari pekabaran malaikat pertama dari Wahyu 14:7 adalah panggilan untuk menyembah Tuhan sebagai Pencipta. Fakta bahwa kita diciptakan oleh Tuhan dan menurut gambar-Nya memberi nilai dan tujuan hidup. Kita bukan hasil dari reaksi kimia acak atau kecelakaan biologis, tetapi adalah putra dan putri Pencipta Alam Semesta. Roma 1:20 menunjukkan bahwa penciptaan mengungkapkan kepada kita kasih dan kuasa Tuhan dalam hal-hal yang diciptakan. Pertimbangkan sejenak desain otot telinga kelelawar yang luar biasa.

Diketahui bahwa kelelawar terbang dengan sonar. Mereka memancarkan suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar telinga manusia. Gema yang kembali dari suara-suara itu menempatkan gambar “cetak suara” di benak mereka. Dengan menggunakan teknik ini, kelelawar dapat menangkap serangga kecil yang terbang cepat. Semakin tinggi nadanya, semakin kecil permukaan gemanya. Beberapa suara sangat tinggi sehingga memungkinkan kelelawar kecil untuk mendeteksi keberadaan kawat yang tidak lebih tebal dari rambut manusia yang membentang di jalurnya.

Lalu ada intensitas suara itu. Semakin keras, semakin jauh objek yang dapat dideteksi. Jadi panggilan ini umumnya sangat keras, Tetapi tunggu! Jika perlu bagi kelelawar untuk membuat suara yang begitu keras, agar ia bergema kembali dari benda yang jauh, bagaimana mungkin kelelawar dapat mendengar gema dengan telinganya, di tengah-tengah semua raket yang dibuatnya dengan mulutnya?

Ini adalah pertanyaan yang bagus, karena memang akan menjadi masalah yang sangat nyata. Telinga kelelawar dirancang untuk menjadi sangat sensitif, sehingga dapat mendengar suara yang sangat samar. Namun hanya beberapa teriakannya yang akan dengan cepat memekakkan telinga! Tetapi Tuhan telah mengurus masalah ini. Ada otot khusus di telinga tengah kelelawar. Ini melekat pada salah satu dari tiga tulang kecil yang mentransmisikan getaran gendang telinga ke organ di tengkorak yang mengubahnya menjadi sinyal saraf yang dikirim ke otak.

Sama seperti setiap jeritan yang hampir dikeluarkan, otot ini langsung menarik kembali tulang itu, sehingga tidak mengirimkan suara dari telinga luar ke telinga dalam. Gendang telinga terputus sejenak! Kemudian, setelah jeritan berakhir, otot itu mengendur dan tulang kembali ke tempatnya, sehingga satu-satunya suara yang didengar kelelawar adalah gemanya sendiri. Gerakan bolak-balik tulang itu terjadi lebih dari seratus kali per detik! Dan itu selalu terjadi dalam keselarasan sempurna dengan pengiriman jeritan super pendek.

Jika Tuhan cukup peduli pada kelelawar biasa untuk memberinya kemampuan luar biasa untuk mendengar gemanya sendiri, betapa Tuhan lebih peduli pada Anda. Yesus berkata dalam Matius 10:29-31, ” Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.” Sungguh suatu penghiburan untuk mengetahui bahwa Tuhan mengasihi kita dan bahwa kita dapat menyerahkan semua perhatian kita kepada-Nya!


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.