BAGAIMANA SAYA BISA MENGETAHUI KEBENARAN?

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Ketika orang menanyakan pertanyaan ini kepada saya, mereka ingin mencari jawaban atas pertanyaan besar tentang kehidupan dan ingin untuk memahami hal-hal ilahi.

Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa sumber kebenaran terutama berasal dari Allah. Kitab Suci menjelaskan hal ini dalam beberapa cara. “Kata Yesus kepadanya, ‘Akulah jalan dan kebenaran, dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku’” (Yohanes 14:6). Roh Kudus juga merupakan sumber kebenaran. “Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran” (1 Yohanes 5:6). Begitu juga Firman Tuhan, Alkitab, adalah dasar kebenaran: “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran. Firman-Mu adalah kebenaran” (Yohanes 17:17).

Salah satu prinsip untuk menemukan kebenaran Tuhan adalah kesungguh-sungguhan. “Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati.” (Yeremia 29:13). Kita juga harus berdoa agar Tuhan membimbing kita menuju kebenaran. “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran”. (Yohanes 16:13).

Beberapa orang tidak mau melepaskan pola pikir mereka ketika mencari kebenaran. Alkitab memperingatkan, “Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut” (Amsal 14:12). Kita harus rendah hati dan terbuka terhadap kebenaran. “Hai anakku, jangan lagi mendengarkan didikan, kalau engkau menyimpang juga dari perkataan-perkataan yang memberi pengetahuan.” (Amsal 19:27).

Jika Anda sedang menyelidiki Alkitab dan menjadi bingung, berdoalah agar Tuhan memberi Anda pemahaman dan kemudian carilah ayat-ayat lain tentang topik tersebut. Gunakan konkordansi dan bandingkan ayat demi ayat dalam Kitab Suci. “Sebab harus ini harus itu, mesti begini mesti begitu, tambah ini, tambah itu!” (Yesaya 28:10).

Yang terpenting, carilah Alkitab dan carilah Yesus. Firman Tuhan adalah jalan yang paling jelas melihat Sumber dari segala kebenaran.

Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu. Yohanes 8:32.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.