HIDUP DENGAN KETIDAKPASTIAN

Belajar Alkitab
Mari bagikan artikel ini

Pernahkah Anda berjuang dengan pertanyaan yang tak terjawab? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal-hal tertentu yang terjadi dalam hidup Anda? Apakah masa depan tampak gelap dan tidak pasti? Dalam pelajaran Alkitab bulan ini kita akan menemukan tidak hanya bagaimana untuk hidup, tapi bagaimana untuk berkembang, dengan ketidakpastian. Kita akan memeriksa prinsip-prinsip Alkitabiah yang memungkinkan kita untuk menerima apa yang kita tidak dapat mengerti, menerima tantangan hidup, dan bersukacita di hadapan Dia yang tidak akan pernah meninggalkan atau mengabaikan kita.

1. Apakah perlu untuk menerima kenyataan bahwa kita tidak akan memahami beberapa hal sampai kekekalan? Baca Ulangan 29:29 untuk menemukan jawabannya. Tuhan kita tidak akan menjelaskan beberapa hal sampai kekekalan. Dia mengajak kita untuk hidup dengan ketidakpastian. Semua pertanyaan kita tidak akan dijawab dalam kehidupan ini.

2. Karena kita tidak dapat mengerti, apakah itu berarti kita tidak bisa memiliki ketenangan pikiran sampai kita dapat memahami mengapa hal-hal tertentu terjadi? Baca dengan saksama Filipi 4:07. Apakah yang Anda temukan? Paulus menulis tentang “Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal.” Sementara pikiran kita mungkin tidak mengerti, hati kita masih bisa percaya. Ketika kita hidup dengan ketidakpastian, kita masih bisa mempercayai Dia yang memegang masa depan di tangan-Nya, dan sisanya dalam kasih dan pemeliharaan-Nya.

3. Mengapakah Yesus tidak menjawab semua pertanyaan kita sekarang? Pelajari Yohanes 16:12 untuk menemukan prinsip kekal. Dalam rahmat-Nya Yesus tidak menjawab semua pertanyaan kita saat ini. Dia menjelaskan kepada murid-murid-Nya sendiri bahwa mereka tidak bisa “menanggung” untuk mendengar segala sesuatu yang Dia ingin beritahu. Jika Dia mengungkapkan segala sesuatu kita kami sekaligus, itu akan memberatkan kita.

4. Baca Yohanes 8:12 dan 12:35. Apakah yang Yesus beritahu tentang hidup di saat yang tidak menentu? Yesus mengundang kita untuk berjalan dalam terang yang kita miliki dan tidak khawatir tentang ketidakpastian di jalan depan. Pada saat dibutuhkan dalam hidup tergelap kita, Yesus menyatakan terang kehadiran-Nya. Dia mendorong kita untuk merangkul cahaya yang Dia diungkapkan, untuk beristirahat dalam kehangatan hadirat-Nya, dan untuk menghargai sukacita dalam mengetahui Dia akan memenuhi semua kebutuhan kita (Filipi 4:19).

5. Jaminan apakah yang Yesus berikan dalam waktu yang tidak pasti? Perhatikan lima hal yang Dia janjikan dalam Yesaya 41:10.

6. Akankah pertanyaan kita pernah dijawab? Apakah kita harus hidup dengan pertanyaan yang belum terjawab yang mengganggu selamanya? Baca 1 Korintus 13:12. Hari ini kita melihat suatu gambaran yang samar-samar. Kita hidup dengan ketidakpastian dan pertanyaan yang belum terjawab. Tapi pada saat hari itu datang ketika Tuhan akan mengungkapkan jawaban-Nya kepada kita, dan kita akan mengagumi kasih-Nya, hikmat, dan kekuatan abadi.

7. Bagaimanakah kita dapat berkembang dalam saat kehidupan yang paling sulit? Dua kitab suci memberikan jawaban: 1 Petrus 5:7 dan 2 Korintus 5:7. Yesus mengundang kita untuk menyerahkan segala kekhawatiran kita “kepada-Nya.” Kita bisa meletakkan kecemasan berat kita pada Juruselamat yang telah mati bagi kita, saat ini Ia hidup bagi kita, dan akan datang kembali dengan segera bagi kita. Hidup dengan iman, percaya pada kasih karunia-Nya, kita aman di tengah ketidakpastian kita, sekarang dan selamanya.


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.