SETIAP SISWA ADALAH GURU

Renungan Harian
Mari bagikan artikel ini

Menurut Biro Sensus AS, 27 persen dari populasi AS, di atas usia tiga tahun, terdaftar di sekolah. Itu berarti ada 76 juta siswa di semua jenis sekolah, dari prasekolah hingga universitas. Sebagai perbandingan, ada 7,2 juta guru di sekolah. Dalam masyarakat kita, guru dan murid biasanya adalah dua individu yang berbeda. Namun, Tuhan tampaknya memiliki sesuatu yang berbeda dalam pikiran untuk bangsa pilihan-Nya.

Dua pasal pertama dari Yesaya berisi dua ajakan untuk belajar. Yang pertama berasal dari Allah: “Marilah, baiklah kita beperkara!

“Firman Tuhan Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba. Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu.” (Yesaya 1:18, 19). Undangan untuk berperkara dengan Allah ini adalah untuk orang-orang Yehuda dan Yerusalem, yang Tuhan sebut sebagai “bangsa yang berdosa” dan “keturunan pelaku kejahatan” (Yesaya 1:4). Allah ingin mengampuni dosa-dosa mereka dan mengajar mereka untuk “berbuat baik” (Yesaya 1:17). Dia berencana untuk menyebut Yerusalem “kota keadilan” (Yesaya 1:26).

Undangan kedua adalah dari satu orang non-Yahudi ke yang lain: “Mari, dan mari kita naik ke gunung Tuhan, Ke rumah Allah Yakub; Dia akan mengajari kita jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan di jalan-Nya” (Yesaya 2:3). Tuhan tahu bahwa jika umat-Nya belajar berbuat baik, orang-orang dari “semua bangsa” akan datang kepada mereka, berharap untuk belajar tentang jalan-jalan Tuhan.

Saat kita memasuki bulan September, yang secara tradisional merupakan awal tahun ajaran, pelajaran terpenting yang dapat kita pelajari adalah di sekolah Tuhan: “Belajarlah untuk berbuat baik; Mencari keadilan, menegur penindas; pertahankan anak yatim, memohon bagi para janda.” Dan keindahan sekolah Tuhan adalah setiap siswa adalah guru!

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” Matius 5:16.

-Doug Batchelor-


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.