BERSYUKUR SETIAP HARI

Featured Kesehatan
Mari bagikan artikel ini

Bersyukur itu baik untuk kesehatan Anda. Hal ini menjadi jelas dari sejumlah penelitian ilmiah dalam beberapa tahun terakhir, dan banyak artikel telah ditulis tentang masalah ini. Sangat mudah untuk lupa bersyukur jika Anda belum membudayakan kebiasaan tersebut. Tetapi begitu Anda mempelajari manfaat luar biasa dari rasa syukur, Anda tidak akan mau melewatkannya!

Sebagai permulaan, rasa syukur dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih puas dengan hidup Anda. Ini meningkatkan pandangan optimis dan membantu mengusir emosi negatif. Ini membantu Anda mengatasi kesulitan dan mendapatkan lebih banyak kesenangan dari pengalaman yang baik. Jika Anda bersyukur, Anda juga cenderung tidak hanya menerima saja. Bersyukur bahkan dapat meningkatkan hubungan. Jika Anda memberi tahu orang lain bahwa Anda bersyukur atas sesuatu yang telah mereka lakukan—atau bahwa Anda menghargai beberapa hal baik di dalamnya—Anda akan mendorong perasaan positif dalam diri mereka dan diri Anda sendiri.

Ada manfaat untuk kesehatan fisik juga. Bersyukur mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini juga baik untuk jantung Anda; para peneliti sebenarnya telah mengukur perbaikan dalam ritme jantung dan tekanan darah pada orang-orang yang mempraktikkan rasa syukur. Manfaat yang terkait dengan rasa syukur mencakup aspek mental, fisik, sosial, dan spiritual dari kehidupan kita!

Bagaimana Membuat Daftar Rasa Syukur

Siapa pun dapat memupuk rasa syukur; itu hanya butuh latihan. Menuliskan hal-hal yang Anda syukuri—berkat saat ini atau masa lalu—adalah latihan sederhana dengan manfaat besar. Itu tidak harus menjadi daftar hal-hal besar untuk menuai keuntungan besar juga. Anda bisa bersyukur untuk sepotong buah yang rasanya enak, misalnya. Anda bahkan dapat merasa bersyukur atas sesuatu yang tidak terjadi. Misalnya, tidak hujan atau saldo buku cek Anda tidak serendah yang Anda kira.

Dapatkan salah satu buku catatan spiral kecil itu dan mulailah mencatat berkat yang telah Anda terima. Waktu yang tepat untuk melakukan ini adalah pada waktu tidur. Penelitian lain menemukan bahwa ketika orang menghabiskan waktu untuk menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur, mereka tidur lebih mudah dan lebih lama—menambahkan dimensi manfaat lainnya. Berikut adalah hal-hal yang lebih spesifik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan tingkat rasa syukur Anda:

  • Pikirkan tentang hal-hal baik yang telah terjadi dalam hidup Anda. Ini bisa yang terjadi di masa yang lalu atau saat ini, dan hal itu bisa berwujud atau tidak berwujud. Memikirkannya saja akan mencerahkan suasana hati Anda.
  • Hitung berkat Anda; menyimpan jurnal atau daftar hal-hal baik.
  • Bicaralah dengan orang lain tentang hal-hal yang Anda syukuri. Ini adalah keuntungan bagi pendengar juga.
  • Kirim ucapan terima kasih kepada seseorang. Ini adalah aktivitas lain yang memberi manfaat lebih tidak hanya untuk Anda. Berilah seseorang dorongan!

Dan yang paling penting, berdoa dan bersyukur kepada Tuhan—sumber segala kebaikan—atas berkat Anda. Alkitab menasihati kita untuk “mengucap syukur kepada Tuhan, karena Dia baik!” (1 Tawarikh 16:34). Dan rasul Paulus menulis, “Mengucap syukurlah dalam segala hal; karena itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu” (1 Tesalonika 5:18).

Dalam suka dan duka, selalu ada hal yang bisa disyukuri. Anda benar-benar melatih kembali otak Anda untuk bekerja dengan cara yang lebih positif. Sebagian besar dari kita cenderung lebih fokus daripada yang seharusnya pada hal-hal negatif. Bersyukur dapat membantu menyeimbangkan “bias negatif” ini. Jadi tanamkan rasa syukur itu. Berlatihlah mengucap syukur setiap hari dan menuai panen kebahagiaan yang melimpah sepanjang tahun!


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *