tidur nyenyak

7 Langkah Sederhana Untuk Tidur Nyenyak

Berita & Artikel Featured Kesehatan
Mari bagikan artikel ini

Masalah gangguan tidur akhir-akhir ini banyak dialami oleh masyarakat. Sulitnya memperoleh tidur nyenyak membuat tidak sedikit orang yang harus bergantung dengan obat-obatan. Masalah gangguan tidur tampaknya bukan lagi masalah sepele, kini menjadi masalah serius.

Setiap manusia membutuh istirahat yang cukup dan benar. Di momen istirahat ini, sel-sel tubuh akan kembali diperbaharui dari kerusakan akibat aktifitas sepanjang hari. Sehingga ketika bangun dipagi hari, tubuh akan terasa lebih segar dan berenergi. Kalau seseorang kekurangan istirahat akan menimbulkan banyak dampak yang negatif seperti konsentrasi mental yang menurun, perubahan mood, peningkatan resiko penyakit jantung dan diabetes, dan masih banyak dampak negatif lainnya.

Namun pada faktanya, sekarang ini ada banyak orang yang memiiki gangguan dengan tidur. Hal ini terjadi karena adanya lampu-lampu buatan yang mengganggu siklus tidur, waktu nonton TV, penggunaan handphone dan internet, kecanduan kafein dan aktifitas pekerjaan lembur. Pengganggu-pengganggu tidur ini harus dikendalikan.

Kemudian bagaimana solusinya? Mulailah langkah-langkah ini untuk mendapatkan tidur yang nyenyak:

  1. Terkena sinar matahari saat siang

Sinar matahari membantu untuk meningkatkan hormon seperti serotonin yang membuat seseorang merasa bahagia, sehingga merangsang juga hormon melatonin yang membantu untuk tidur lebih nyenyak.

  1. Pola makan seimbang yang kaya karbohidrat kompleks dan triptofan

Makanan yang kaya triptofan tidak hanya baik untuk tidur, tetapi juga untuk kinerja yang optimal di siang hari. Triptofan merupakan asam amino yang sangat diperlukan untuk pembangunan banyak hormon, termasuk hormon serotonin dan melatonin. Karbohidrat membantu triptofan masuk ke otak. Contoh makanan yang kaya triptofan: tahu, biji labu, wijen, almond, dan kenari.

Produk kedelai, almond, biji labu adalah bahan makanan yang kaya akan  triptophan, zat yang meningkatkan kualitas tidur Anda.
  1. Cari waktu untuk olahraga

Olahraga membantu meningkatkan kadar hormon tertentu yang terbukti meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

  1. Hindari zat-zat yang membuat sulit tidur

Zat-zat yang dimaksudkan adalah seperti alkohol, kafein, nikotin dan lain-lain. Alkohol merampas tubuh dari tidur nyenyak, sementara kafein mengganggu tidur karena sifat merangsangnya. Para pecandu nikotin juga menjadi kehilangan tidur yang lebih nyenyak akibat tidak merokok saat mau tidur itu. Bahkan obat antidepresan dan pil tidur lainnya, ternyata mengganggu siklus tidur.

  1. Biasakan tidur lebih awal dan teratur

Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk tidur setidaknya dua jam sebelum tengah malam, karena pembentukan sel darah merah akan dimulai. Sebuah pola tidur yang teratur juga penting, bahkan jika anda tidur siang hari. Sebuah penelitian menemukan bahwa pekerja shift malam bekerja dengan lebih baik dengan siklus tidur/bangun yang teratur.

  1. Tidur ditempat yang gelap

Untuk mengoptimalkan melatonin, penting untuk tidur ditempat yang gelap total. Paparan cahaya yang terang, bahkan hanya untuk beberapa saat, dapat menurunkan kadar melatonin.

Tidur di kamar yang gelap, akan mengoptimalkan melatonin.
  1. Lupakan kekhawatiran anda

Penelitian menunjukkan bahwa stres emosional dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Mereka yang berdoa dan menyerahkan kesulitan mereka pada Tuhan pada malam hari akan tidur lebih nyenyak.

Janji Tuhan yang indah tertulis dalam Mazmur 4:9

“Dengan tentram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membiarkan aku diam dengan aman.”

— Klub Sehat Indonesia, Colomadu Point, Solo


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *