MENGAKALI DIABETES

Kesehatan
Mari bagikan artikel ini

Inilah fakta yang menakjubkan: Hampir satu dari sepuluh orang di Amerika menderita diabetes — dan satu dari empat orang berusia di atas 65 tahun. Itu berarti Anda mungkin mengenal seseorang yang menderita penyakit kronis yang melemahkan dan berpotensi mengancam nyawa ini. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), “Orang dengan diabetes berada pada peningkatan risiko komplikasi kesehatan yang serius termasuk kematian dini, kehilangan penglihatan, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan amputasi jari kaki, kaki, atau tungkai.” 1

Kedengarannya seperti sesuatu yang ingin kita hindari! Jika Anda tidak menderita diabetes, atau berpikir tidak, Anda harus menyadari bahwa “lebih dari sepertiga orang dewasa AS menderita pradiabetes [suatu kondisi yang sering kali menyebabkan diabetes dalam lima tahun], dan mayoritas tidak tahu.” 2 Diperkirakan bahwa lebih dari 85 persen penderita pradiabetes tidak menyadari situasi genting mereka. Jika itu tidak mengejutkan Anda, CDC melaporkan bahwa lebih dari 100.000.000 orang dewasa Amerika menderita diabetes atau pradiabetes. 3 Ini jelas merupakan epidemi.

Meskipun statistik tersebut mungkin terdengar suram, ada kabar baik: Di antara mereka yang mengidap penyakit tersebut, 90 hingga 95 persen mengidap diabetes tipe 2 — suatu jenis yang dapat dikontrol dan bahkan dibalik dalam banyak kasus, seringkali dengan perubahan gaya hidup sederhana. Dengan strategi yang tepat, biasanya mungkin untuk membalikkan pradiabetes. Ini berarti sebagian besar orang dapat mengalahkan tantangan ini dengan membuat pilihan yang cerdas.

Jika saat ini Anda mengidap pradiabetes atau diabetes tipe 2, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan diri Anda ke jalan sehat.

  • Makan makanan utuh, pola makan nabati. Ini adalah pola makan asli manusia, seperti yang terlihat di Kejadian 1. Tentu saja, pola makan nabati bisa jadi tidak sehat. Kentang goreng dan keripik jagung berbahan dasar nabati, tetapi tidak akan banyak membantu tubuh Anda. Sebaliknya, fokuslah pada makan berbagai variasi warna-warni dari “makanan utuh” nabati — sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian — sedekat mungkin dengan cara mereka saat dipanen. Kurangi atau bahkan hilangkan makanan olahan dan makanan dengan tambahan gula atau lemak.
  • Jika Anda tidak terbiasa dengan pengerahan tenaga, dapatkan persetujuan dokter Anda terlebih dahulu. Namun, kebanyakan orang ingin berjalan, dan ini adalah salah satu bentuk olahraga terbaik dengan manfaat berlimpah bagi pikiran dan tubuh.
  • Pertahankan berat badan yang tepat. Para peneliti tidak yakin mengapa kelebihan berat badan berkontribusi pada diabetes, tetapi kenyataannya memang demikian. Jika Anda mengikuti langkah 1 dan 2 di atas, Anda hampir pasti akan tertarik pada berat yang sesuai dari waktu ke waktu. Jika saat ini Anda menderita diabetes, penting untuk terus minum obat sesuai resep dan membiarkan dokter membuat penyesuaian pada obat Anda seiring kemajuan Anda dalam menaklukkan penyakit tersebut.

Akhirnya, kunci penting untuk mendapatkan kembali kesehatan Anda adalah dengan meminta pertolongan Tuhan. Bagaimanapun, Dia menciptakan Anda, mengasihi Anda, dan ingin Anda “baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu” (3 Yohanes 1: 2). Dia dapat memberi Anda kebijaksanaan dan kekuatan untuk membuat perubahan pada gaya hidup Anda yang akan meningkatkan kesejahteraan Anda dan menuntun pada kebahagiaan yang lebih besar dan kehidupan yang lebih berkelimpahan. Dia bisa membantu Anda mengakali diabetes!

1 https://www.cdc.gov/media/releases/2017/p0718-diabetes-report.html
2 ibid.
3https://www.cdc.gov/diabetes/pdfs/data/statistics/national-diabetes-statistics-report.pdf

Apakah Anda rindu mengetahui lebih banyak mengenai pola hidup sehat?

Dapatkan segera majalah Kesehatan yang Menakjubkan di link berikut ini: https://afindostore.com/product/kesehatan-yang-menakjubkan/


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.