MENETAPKAN TUJUAN UNTUK KESEHATAN YANG LEBIH BAIK

Kesehatan
Mari bagikan artikel ini

Oleh Ophelia Gherman, M.D.

Sepertinya kita tidak pernah punya cukup waktu dalam sehari untuk mencapai semua yang kita inginkan. Mengubah kebiasaan sering kali tampak memakan waktu dan cenderung tertunda. Tidur larut malam adalah kebiasaan yang banyak dari kita lakukan, tetapi semakin cepat kita mengambil langkah untuk menjalankan jam tidur yang lebih sehat, semakin berlimpah berkat yang tersimpan. Mendapatkan istirahat malam yang baik sangat penting sehingga sejak awal penciptaan, Tuhan menjadikan siang dan malam. Langit patuh, dan alam semesta menampilkan matahari di siang hari dan bulan di malam hari. Hanya umat manusia, di alam semesta kecil kita, yang telah berusaha untuk membalikkan penggunaannya.

Ada begitu banyak manfaat dari tidur tujuh delapan jam per malam. Sepanjang hari, racun menumpuk di sistem kita. Racun ini menghasilkan kelelahan—keletihan yang terkenal di penghujung hari. Tidur memberi tubuh waktu untuk membuang limbah dan melakukan perbaikan. Sebaliknya, otak kita tidak pernah benar-benar tidur. Sibuk membuat ingatan baru, mengkonsolidasikan yang lama, dan membuat hubungan antara ingatan baru dan sebelumnya. Otak juga membersihkan racun internal selama jam tidur. Racun ini menyebabkan Alzheimer dan Parkinson setelah bertahun-tahun terakumulasi.

Jadi bagaimana Anda bisa mulai tidur lebih banyak? Mulailah dengan mengatur waktu tidur yang wajar. Jika Anda akan tidur di tengah malam, maka jam sebelas mungkin merupakan peningkatan yang masuk akal. Anda mungkin ingin menyetel alarm satu jam sebelum waktu tidur Anda sebagai pengingat untuk mulai mereda. 30 menit terakhir mungkin digunakan untuk membaca dan merenungkan Kitab Suci, mendengarkan musik yang tenang, dan merasa nyaman. Hindari menggunakan layar elektronik sebelum tidur, dan cobalah untuk menghindari bekerja atau belajar di tempat tidur.

Istirahat malam yang menyegarkan akan membuat Anda berenergi untuk mengatasi banyak rintangan sepanjang hari. Menyisihkan beberapa menit untuk berdoa selama hari sibuk Anda juga akan membantu mengistirahatkan pikiran. Luangkan waktu untuk mengagumi hutan atau danau dalam perjalanan Anda, bunga atau burung yang terbang di luar jendela Anda, atau curahkan waktu untuk menghafal bagian Kitab Suci.

Tampaknya perubahan kecil seperti ini dapat menghasilkan keajaiban dan perlahan mengubah hidup Anda tanpa harus mengatur ulang seluruh hari Anda. Cobalah. Mulai hari ini.

“Hidup di dalam Kristus adalah hidup yang tenang. Mungkin tidak ada perasaan yang meluap-luap, tetapi harus ada kepercayaan damai yang menetap. Harapan Anda bukan pada diri Anda sendiri; itu ada di dalam Kristus. Kelemahan Anda bersatu dengan kekuatan-Nya, ketidaktahuan Anda pada hikmat-Nya, kelemahan Anda pada kekuatan abadi-Nya … Biarkan pikiran memikirkan kasih-Nya, pada keindahan, kesempurnaan karakter-Nya.”—Steps to Christ, hlm. 70.


Mari bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.